Background logo website
PT MEDIA EDUTAMA INDONESIA
Provider yang Berkarakter, Unggul dan Terpercaya
Training Online – Effective Communication Skill for Public Relation Home  »  Communication, Sales & Marketing Corporate Communications Public Relations Training Komunikasi Training Online   »   Training Online – Effective Communication Skill for Public Relation

Training Online – Effective Communication Skill for Public Relation

March 17, 2022

Jadwal Pelatihan Training Online – Effective Communication Skill for Public Relation

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

DESCRIPTION

Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari memegang peranan yang sangat penting, hal ini dikarenakan komunikasi memiliki fungsi untuk menghubungkan keinginan seseorang kepada orang lain. Secara spesifik komunikasi menjalankan empat fungsi: fungsi kendali (control, pengawasan), motivasi, pengungkapan emosional dan informasi. Komunikasi bertindak untuk mengendalikan perilaku anggota dengan beberapa cara. Setiap organisasi mempunyai hierarki wewenang dan garis panduan formal yang harus dipatuhi oleh karyawan.

Komunikasi menghubungkan satu dengan lainnya, dan kita pahami bahwa satu organisasi di dalamnya terlibat karyawan yang memiliki karakteristik dan sifat yang berbeda-beda sehingga besar sekali peluangnya untuk terjadi kesalahan informasi yang disampaikan dalam komunikasi. Terdapat dua jenis komunikasi menghubungkan satu dengan lainnya yaitu komunikasi formal dan informal, kedua jenis komunikasi ini selalu hadir dalam setiap aktivitas manusia. Selain hal tersebut, dalam komunikasi dikenal juga bentuk komunikasi verbal dan komunikasi non verbal. Kedua bentuk ini juga selalu hadir dalam setiap aktivitas manusia, dan kita pahami bahwa satu organisasi di dalamnya terlibat karyawan yang memiliki karakteristik dan sifat yang berbeda-beda sehingga besar sekali peluangnya untuk terjadi kesalahan informasi yang disampaikan dalam komunikasi.

Beberapa literatur menjelaskan bahwa salah satu penyebab utama timbulnya konflik disfungsional atau konflik yang menghambat produktivitas kerja organisasi adalah kesalahan dalam komunikasi atau miss-communication. Komunikasi yang efektif perlu dibangun dalam suatu organisasi untuk menghasilkan nilai maksimum, sehingga akan terjadi akselerasi nilai positif bagi setiap karyawan. Kemampuan komunikasi masing-masing orang adalah berbeda, dan sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Oleh sebab itu, untuk mencapai efektifitas komunikasi setiap karyawan harus mampu memahami unsur-unsur komunikasi, bagaimana berkomunikasi secara efektif, dan bagaimana membangun emosi cerdas untuk komunikasi efektif.

Dalam dunia usaha maupun organisasi lainnya, Public Relations (Humas) kini telah menjadi bahan yang tidak terpisahkan dari aspek komunikasi lainnya seperti pemasaran, promosi, iklan dan penjualan. Sekarang, kehidupan sudah menjadi sedemikian kompleksnya, sehingga apa yang dikatakan atau apa yang dikehendaki, agar bisa terpenuhi, manusia maupun organisasi mutlak mendapatkan pengertian atau bahkan kalau mungkin dukungan dari pihak lain, terhadap apa yang dinyatakan. Pengertian dan dukungan dari berbagai pihak yang latar belakangnya bervariasi, makin lama makin sulit untuk didapatkan. Apa yang sering dilakukan adalah memberitahukan kepada khalayak umum tentang ‘siapa dan bagaimana diri kita’. Kegiatan semacam ini, lazimnya disebut Publisitas, yang merupakan salah satu tahap dari keseluruhan kerja Public Relations.

 

BENEFIT

  1. Meningkatkan kemampuan SDM untuk memahami bagaimana komunikasi dibangun dalam suatu organisasi bisnis sehingga akan berdampak pada kelancaran organisasi.
  2. Meningkatkan pemahaman peserta pelatihan akan kemampuan untuk membangun komunikasi melalui komunikasi verbal dan non verbal.
  3. Bagaimana mengelola emosi secara positif untuk membangun komunikasi efektif antar anggota organisasi.

 

COURSE OUTLINE

1. Konsep Komunikasi dan Peranannya dalam Suatu Organisasi Bisnis

  • Pada bagian ini akan disampaikan hal-hal yang berhubungan dengan; konsep komunikasi, tujuan komunikasi, memahami jenis-jenis komunikasi dalam organisasi bisnis

2. Keterampilan Komunikasi Antar Pribadi (Interpersonal)

  • Pada bagian ini akan disampaikan hal-hal yang berhubungan dengan kemampuan komunikasi atau interpersonal communication, yang berhubungan dengan self concepts, tipe dan hambatan komunikasi, faktor kredibilitas, konsep diri, faktor emosi, status, peran, skill, prasangka/sikap, sikap komunikator (empathy, kewajaran, respek, membuka diri), jaringan komunikasi, komunikasi formal dan informal, bagaimana berkomunikasi pada jaringan formal, komunikasi efektif pada jaringan non formal, etika dan etiket komunikasi

3. Komunikasi Arsetif

  • Pada bagian ini akan disampaikan hal-hal yang berhubungan dengan membangun komunikasi arsetif, permissive, arsetif agresif, assertiveness, tips untuk arsetive.

4. Komunikasi Non Verbal

  • Pada bagian ini akan disampaikan hal-hal yang berhubungan dengan komunikasi non verbal, konsep, efektifitas, bahasa tubuh positif dan bahasa tubuh negatif, faktor budaya pada komunikasi non verbal, etiket dan etika komunikasi.

5. Emosi Cerdas untuk Komunikasi Efektif

  • Hal-hal yang akan disampaikan adalah bagaimana membangun emosi secara cerdas sehingga akan melahirkan komunikasi secara efektif; etika sosial, agama dan hukum dalam komunikasi, memahami kebutuhan dasar emosi manusia dalam komunikasi, membangun kemampuan empathy, emosi dari sudut pandang psikologi, prinsip dasar emosi, problematika emosi dalam komunikasi, emosi reaktif dan emosi proaktif dalam komunikasi, praktek menumbuhkan emosi cerdas dalam komunikasi.

6. Peranan dan Fungsi Public Relations dalam Perusahaan

7. Psikologi Public Relations

8. Sistem Komunikasi Antar Individu (Interpersonal Communications)

9. Manajemen dan Kode Etik Public Relations

10. Perencanaan Kerja PR

11. Mengenali Hambatan-hambatan Kerja PR dan Menemukan Solusinya

12. Pengenalan Management Crisis

13. Hubungan Manajemen Krisis dengan Citra Perusahaan

14. Strategi Penanggulangan Krisis

15. Strategi Menghadapi Siklus: Pra Krisis, Ketika Krisis dan Setelah Krisis

16. Membentuk Corporate Image Identity

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Training Online – Effective Communication Skill for Public Relation
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
x