Legal, Corporate Law and ResponsibilityPurchasing and ProcurementSeptember 2020Training Online

Training Online – Contract and Procurement Fraud Identification

Jadwal Pelatihan Training Online – Contract and Procurement Fraud Identification

TanggalTempatKota
24 - 25 September 2020--

DESCRIPTION

Procurement adalah proses pengadaan barang & jasa dalam sebuah institusi. Pada organisasi bisnis, lembaga sosial, atau instansi pemerintahan yang baik biasanya telah memiliki peraturan internal terkait Procurement, yang akan memastikan bahwa proses perencanaan pengadaan dan pemilihan supplier telah memenuhi standar umum & dilakukan secara transparan. Dalam prakteknya seringkali timbul permasalahan dalam proses pelaksanaannya, mulai dari perencanaan yang tidak terintegrasi, perubahan harga dan pasokan tersedia, seleksi Supplier yang mengundang potensi fraud, miskomunikasi, hingga Vendor/Supplier yang rawan prestasi terhadap order & kontrak.

Perilaku fraud bisa menimpa siapa saja dalam proses pengadaan, tanpa melihat jenjang jabatan. Mulai dari “menjual informasi” Procurement Plan, bersikap diskriminatif kepada calon pemasok, hingga mengatur proses pengadaan atau tender dengan tujuan meminta “success fee” atau melakukan “mark up harga” demi keuntungan pribadi. Dalam banyak kasus pelaku fraud tidak hanya procurer saja, tapi juga bisa dari bagian lain yang menjadi bagian dari komite pembelian, pemegang database perusahaan, bahkan level pengambil keputusan. Diperlukan sistem dan pengetahuan yang memadai untuk mencegah, mendeteksi, dan mengurangi resiko terjadinya fraud.

 

COURSE OUTLINE

1. Procurement and Risk Management Overview

2. Define Procurement Management

3. Define Risk Management

4. Introduction to Procurement Fraud, Fraud Detection Methods & Transparency and Accountability Principles

5. Common Types of Procurement Frauds, Criteria for Gross Misconduct, Criminal, and Civil Cases

6. Procurement Planning Process

7. Evaluate the Process for Developing a Request for Proposal (RFP)

8. Identify Types of Contracts for Various Situations

9. Describe the Roles and Responsibilities a Contract Administration, Procurement Agent and Project Manager

10. Contracting Process

11. Identify Vendor Solicitation and Selection Criterions

12. Describe the Contract Negotiation Process

13. Explain the Roles of Risk Management in the Contracting Process

14. Contract Administration Process

15. Describe Contract Administration Policies and Procedures

16. List the Tools for Contract Administration Process

17. External Influences on the Procurement Management Process

18. Handling Procurement Fraud, Constructing Preventive Policy and Control System

19. Identifikasi Penyimpangan dalam Kecurangan

  • Identifikasi Penyimpangan Administratif
  • Identifikasi Penyimpangan Perdata
  • Identifikasi Penyimpangan Pidana

20. Bukti dan Pembuktian Kecurangan atas Pengadaan Barang dan Jasa

  • Jenis dan Tingkat Keandalan Bukti
  • Teknik Audit Investigatif untuk mendapatkan Bukti Kecurangan

21. Observasi

22. Pengujian Dokumen

23. Pengujian Fisik

24. Wawancara

  • Merangkai Bukti Audit Investigatif terkait dengan Pelanggaran Hukum
Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Training Online – Contract and Procurement Fraud Identification
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
Tags

Related Articles

Close