Background logo website
PT MEDIA EDUTAMA INDONESIA
Provider yang Berkarakter, Unggul dan Terpercaya
Training Online – Strategi Penagihan dan Penyelesaian Kredit Bermasalah Home  »  Credit and Collection Februari 2023 Februari 2025 Maret 2024 Perbankan & Koperasi Training Online   »   Training Online – Strategi Penagihan dan Penyelesaian Kredit Bermasalah

Training Online – Strategi Penagihan dan Penyelesaian Kredit Bermasalah

January 25, 2025

Jadwal Pelatihan Training Online – Strategi Penagihan dan Penyelesaian Kredit Bermasalah

TanggalTempatKota
11 - 12 Februari 2025--

 

DESCRIPTION

Pengaduan masyarakat di sektor perbankan memang paling tinggi karena sektor perbankan merupakan sektor terbesar di industri keuangan dan nasabahnya paling banyak dibandingkan lembaga keuangan lainnya, seperti asuransi dan lembaga pembiayaan (multifinance). Dari pengaduan tersebut 70% di antaranya tertangani. Pengaduan terbesar masih berasal dari kota-kota besar. Angka pengaduan tersebut memang naik dibanding tahun lalu.

Sementara itu, Satuan Kerja Penyelesaian Kredit Bermasalah atau dikenal dengan Non Performing Loan (NPL) adalah bagian dari keseluruhan suatu proses perencanaan bisnis suatu bank. Peran Satuan Kerja Penanganan atau penyelesaian NPL sangat penting dalam menentukan tingkat keberhasilan bank, sehingga dibutuhkan keahlian dan teknik-teknik yang jitu dalam proses penyelesaian NPL. Kekerasan dalam melakukan penagihan yang dilakukan oleh team Collection saat ini sudah tidak efektif lagi, namun justru akan menimbulkan tuntutan hukum terhadap perusahaan/bank atau diri pribadi petugas Collection. Untuk itu, dibutuhkan pengelolaan emosi, temperamen dan kontrol diri bagi para petugas Collection. Dalam pelatihan yang diperuntukkan bagi satuan kerja yang menangani penyelesaian NPL, khususnya Consumer Banking, para peserta akan dibekali pengetahuan, wawasan dan pemahaman mengenai strategi penurunan NPL serta mengajarkan pula bagaimana mengelola emosi dalam melakukan komunikasi dan negosiasi terhadap debitur bermasalah.

 

COURSE OUTLINE

1. Pengantar

  • Siklus Penyelamatan Kredit Bermasalah
  • Faktor-Faktor Penyebab Kredit Bermasalah

2. Manajemen Collection Consumer Credit/Retail Credit

3. Key Performance Indicator Collection

4. Alternatif Penyelesaian Kredit Bermasalah/NPL

  • Kompromi Remedial (Restrukturisasi, Subrogasi, Novasi, AYDA)
  • Non Kompromi Litigasi (Eksekusi Hak Tanggungan, Lelang Hak Tanggungan, Gugatan, Kepailitan, Proses Pidana)

5. Negotiation Skill

6. Pengertian Negosiasi

7. Pentingnya Komunikasi dan Sikap dalam Negosiasi

8. Filosofi Win-Win Solution

9. Perilaku dan Sikap dalam Negosiasi

10. Komunikasi yang Efektif dalam Proses Penyelesaian NPL

11. Masalah-Masalah yang Dinegosiasikan

12. Persiapan Negosiasi

13. Menciptakan Suasana yang Tepat

14. Taktik-Taktik Negosiasi

15. Gaya Bernegosiasi

16. Mencari Penyelesaian

17. Situasi Fallback (BATNA)

18. Mengakhiri Negosiasi

19. Role Playing

20. Credit Control

  • Analisa Faktor Resiko Kredit, Tingkat Resiko dan Exposure
  • Credit Terms, Limit dan Scoring
  • Pemetaan Karakteristik Pelanggan dan Kepentingan Strategi Perusahaan
  • Analisa Dengan Laporan Keuangan dan Tanpa Laporan Keuangan
  • Analisa Kualitatif

21. Collection Strategy

  • Goals, Strategy dan Proses
  • Keterkaitan antara Strategi Penjualan dan Penagihan
  • Kebijakan dan Prosedur Penagihan
  • Teknik-teknik Penagihan (Telepon, Surat dan Kunjungan)
  • Aspek Hukum
  • Memahami Karakter Pelanggan
    • Tipe-tipe Pelanggan
    • Teknik Menghadapi Berbagai Tipe Pelanggan
    • Teknik Menghadapi Pelanggan Nakal
  • Langkah-langkah Efektif dalam Penagihan dan Menghadapi Keberatan Pelanggan
  • Model Pengukuran Kinerja
Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Training Online – Strategi Penagihan dan Penyelesaian Kredit Bermasalah
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
x