Background logo website
PT MEDIA EDUTAMA INDONESIA
Provider yang Berkarakter, Unggul dan Terpercaya
Training Online – Manajemen Rawat Jalan Rumah Sakit Home  »  April 2022 Rumah Sakit Training Online   »   Training Online – Manajemen Rawat Jalan Rumah Sakit

Training Online – Manajemen Rawat Jalan Rumah Sakit

March 28, 2022

Jadwal Pelatihan Training Online – Manajemen Rawat Jalan Rumah Sakit

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

Deskripsi

Penilaian kualitas layanan unit rawat inap mengandung 6 indikator: rasa sayang, hubungan dekat, perawatan pribadi, reduksi ketidakpastian dan kehandalan (Koerner, 2000). Semua indikator tersebut menunjukan kepemimpinan suportif dari perawat (Rantamiasih, 2012). Kepuasan pasien atas pelayanan rawat inap tidak saja mencakup kepuasan atas pelayanan perawat. Pelayanan dokter misalnya juga merupakan indikator bagi kepuasan pasien. Terdapat alat ukur yang disebut patient judgement system (PJS) untuk menilai kepuasan pasien rawat inap (Aday, 2005). Ketersediaan obat merupakan masalah yang banyak ditemui di unit rawat inap (AHRP, 2009). Pasien seringkali mengeluhkan sulitnya mendapatkan kamar untuk rawat inap di rumah sakit. Petugas adminision memberikan alasan kamar masih penuh, atau andaipun ada kamar maka pasien diminta menunggu beberapa jam untuk bisa masuk ke kamar tersebut. Akibat pasien lamanya menunggu, kadang terjadi kejadian yang tidak diharapkan. Misalnya kondisi pasien yang makin memburuk atau bahkan meninggal karena terlambat mendapat penanganan yang semestinya, dan kurangnya pemantauan perkembangan kondisi penyakitnya. Bahkan lamanya pasien menunggu ini dialami pula oleh pasien rawat inap yang sudah dibolehkan pulang. Mereka harus menunggu selama ber jam-jam untuk mengurus proses administrasi pemulangan. Sering dijumpai juga pasien harus menunggu lama sekali untuk mendapatkan keputusan boleh pulang dari dokter, karena dokternya visit pada waktu yang tidak bisa dipastikan. Semua permasalahan ini akan dibahas dan dicarikan solusinya melalui pendekatan Metode Lean. Selain itu akan diajarkan pula standarisasi penataan ruangan di kamar rawat inap, sehingga para pimpinan dapat mendeteksi kesalahan dalam waktu hitungan 5 detik.

 

TUJUAN

Setelah pelatihan ini, para peserta akan memahami dasar-dasar penggunaan instrumen lean untuk menciptakan nilai tambah (value added), mengidentifikasi dan menghilangkan pemborosan (waste) di unit rawat inap. Secara khusus peserta akan mampu:

  1. Mengelola pengaturan kamar rawat inap dengan lebih efektif.
  2. Mengelola kamar rawat inap secara terstandarisasi dengan 5-S dan manajemen visual (visual control).
  3. Mengurangi pemborosan waktu tunggu pemulangan pasien (patient discharge) dengan perbaikan proses (cellular flow) dan pengembangan pemetaan nilai (value stream mapping).
  4. Menerapkan manajemen pelayanan keperawatan profesional (MPKP).

 

MATERI

  1. Memaparkan dan membahas konsep lean,
  2. Konsep Waste Elimination,
  3. Tools Yang Digunakan Dalam Implementasi Lean.
  4. Memahami Penerapan 5S, Kaizen, Visual Management, Kanban/ Moeder Stock dan Heijunka Di Unit Rawat Jalan.
Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Training Online – Manajemen Rawat Jalan Rumah Sakit
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
x