Background logo website
PT MEDIA EDUTAMA INDONESIA
Provider yang Berkarakter, Unggul dan Terpercaya
Strategi dan Restrukturisasi Penyelesaian Kredit Bermasalah Home  »  Bandung Credit and Collection Februari 2019 Perbankan & Koperasi Yogyakarta   »   Strategi dan Restrukturisasi Penyelesaian Kredit Bermasalah

Strategi dan Restrukturisasi Penyelesaian Kredit Bermasalah

April 22, 2019

Jadwal Pelatihan Strategi dan Restrukturisasi Penyelesaian Kredit Bermasalah

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

DESCRIPTION

Pengaduan masyarakat di sektor perbankan memang paling tinggi karena sektor perbankan merupakan sektor terbesar di industri keuangan, dan nasabahnya paling banyak dibandingkan lembaga keuangan lainnya, seperti asuransi dan lembaga pembiayaan (multifinance). Dari pengaduan tersebut 70% di antaranya tertangani. Pengaduan terbesar masih berasal dari kota-kota besar. Angka pengaduan tersebut memang naik dibanding tahun lalu. Sementara itu, Satuan Kerja Penyelesaian Kredit Bermasalah atau dikenal dengan Non Performing Loan (NPL) adalah bagian dari keseluruhan suatu proses perencanaan bisnis suatu bank.

Peran Satuan Kerja Penanganan atau penyelesaian NPL sangat penting dalam menentukan tingkat keberhasilan bank, sehingga dibutuhkan keahlian dan teknik-teknik yang jitu dalam proses penyelesaian NPL. Kekerasan dalam melakukan penagihan yang dilakukan oleh team Collection saat ini sudah tidak efektif lagi, namun justru akan menimbulkan tuntutan hukum terhadap perusahaan/bank atau diri pribadi petugas Collection. Untuk itu, dibutuhkan pengelolaan emosi, temperamen dan kontrol diri bagi para petugas Collection. Dalam pelatihan yang diperuntukkan bagi satuan kerja yang menangani penyelesaian NPL, khususnya Consumer Banking, para peserta akan dibekali pengetahuan, wawasan dan pemahaman mengenai strategi penurunan NPL serta mengajarkan pula bagaimana mengelola emosi dalam melakukan komunikasi dan negosiasi terhadap debitur bermasalah.

 

BENEFIT

  1. Memahami peran serta fungsi satuan kerja penyelesaian NPL terhadap bisnis bank khususnya Consumer Credit dan/atau Retail Credit secara keseluruhan
  2. Lebih memahami proses Collection & Remedial Management sehingga bisa menentukan strategi penurunan NPL yang terbaik untuk menjaga asset bank terutama Asset Consumer Credit dan/atau Retail Credit
  3. Meningkatkan kemampuan peserta dalam melakukan Investigasi guna penentuan strategy penyelesaian NPL
  4. Meningkatkan kemampuan peserta dalam proses komunikasi dan negosiasi untuk mendapatkan komitmen Debitur untuk penyelesaian NPL
  5. Memahami Proses Litigasi dalam penyelesaian NPL
  6. Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta akan mampu menyusun dan menjalankan penyelesaian kredit bermasalah secara lebih efektif, produktif dan efisien

 

COURSE OUTLINE

1. Pengantar

  • Siklus Penyelamatan Kredit Bermasalah
  • Faktor-faktor Penyebab Kredit Bermasalah

2. Manajemen Collection Consumer Credit/Retail Credit

3. Key Performance Indicator Collection

4. Alternatif Penyelesaian Kredit Bermasalah/NPL

  • Kompromi Remedial (Restrukturisasi, Subrogasi, Novasi, AYDA)
  • Non Kompromi Litigasi (Eksekusi Hak Tanggungan, Lelang Hak Tanggungan, Gugatan, Kepailitan, Proses Pidana)

5. Negotiation Skill

6. Pengertian Negosiasi

7. Pentingnya Komunikasi dan Sikap dalam Negosiasi

8. Filosofi Win-Win Solution

9. Perilaku dan Sikap dalam Negosiasi

10. Komunikasi Yang Efektif dalam Proses Penyelesaian NPL

11. Masalah-masalah yang Dinegosiasikan

12. Persiapan Negosiasi

13. Menciptakan Suasana Yang Tepat

14. Taktik-taktik Negosiasi

15. Gaya Bernegosiasi

16. Mencari Penyelesaian

17. Situasi Fallback (BATNA)

18. Mengakhiri Negosiasi

19. Role Playing

 

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

 

FACILITIES

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Break

Souvenir

Pick Up Participant (Yogyakarta)

 

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Strategi dan Restrukturisasi Penyelesaian Kredit Bermasalah
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
x