Background logo website
PT MEDIA EDUTAMA INDONESIA
Provider yang Berkarakter, Unggul dan Terpercaya
Risk Based Internal Auditing Home  »  Finance, Accounting, Tax, Treasury, Audit & Risk Management Yogyakarta   »   Risk Based Internal Auditing

Risk Based Internal Auditing

October 26, 2017

Jadwal Pelatihan Risk Based Internal Auditing

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

DESKRIPSI

Fungsi Internal Audit adalah salah satu fungsi penting di suatu perusahaan. Internal Auditor kadang-kadang dipandang sebelah mata oleh kolega dari unit lain karena dianggap tidak professional, hanya mencari-cari kesalahan saja. Padahal Internal Audit mempunyai peran strategis dalam membawa kepentingan perusahaan, bahkan mungkin pemegang saham untuk memastikan setiap unit di dalam perusahaan berjalan dengan baik.

Workshop 3 hari ini memberikan overview mengenai kemampuan teknik dasar yang perlu dimiliki seorang Internal Auditor yang professional. Peserta akan mempelajari konsep internal audit dan mendapatkan teknik-teknik yang diperlukan untuk dapat menjalankan audit secara efektif.

Partisipan akan mendapatkan pemahaman dasar mengenai proses dokumentasi dan evaluasi teknik-teknik internal control/fieldwork. Dengan menggunakan kasus-kasus yang didesain secara khusus untuk keperluan tersebut. Disamping itu, partisipan juga akan mengevaluasi elemen-elemen kritis dari internal audit seperti meng-assess risiko, membuat flowchart, merencanakan program audit, melaksanakan audit dan menerapkan hasil untuk menyelesaikan masalah-masalh bisnis. Partisipan juga akan melatih keterampilan-keterampilan komunikasi yang diperlukan dalam proses internal audit seperti berinteraksi dengan auditee, membuat laporan dan memberikan rekomendasi.

 

MATERI

1. Standar Profesi Audit Internal

  • Kode Etik
  • Tujuan
  • Penetapan
  • Strandar Perilaku Audit Internal
  • Standar Profesi
  • Standar Atribut
  • Standar Kinerja

2. Internal Audit Charter

  • Pendahuluan
  • Dasar
  • Maksud dan Tujuan

3. Introduction to Internal Auditing

  • Sejarah, Perkembangan, dan Gambaran Umum Audit Internal

4. Teknik-teknik Audit Internal (Control)

  • Kontrol sebagai kunci utama bagi auditor internal, kontrol, sebagai kata benda dan kata kerja, dua tingkatan dalam setiap sistem
  • Jembatan penghubung antara auditor dan klien, akses dan pelaporan mengenai kontrol
  • Definisi kontrol: definisi awal, definisi menurut akuntan publik dan definisi menurut auditor internal
  • Perluasan konsep kontrol internal pada SAS 78, tujuan kontrol: untuk mencapai tujuan organisasi, model-model kontrol internal
  • Konsep COSO, model COCO, audit kontrol menurut COSO dan kontrol operasional
  • Kontrol yang didefinisikan oleh studi SAC
  • Kontrol untuk mencegah, mendeteksi, dan memperbaiki, menghilangkan probabilitas, bukan kemungkinan kontrol
  • Manfaat-manfaat kontrol, sistem-sistem kontrol, tujuan, standar, perbandingan, tindakan perbaikan
  • Lingkaran tertutup atau sistem umpan balik, elemen-elemen sebuah sistem, pentingnya kontrol, standar kontrol internal
  • Tanggungjawab manajemen atas kontrol, sarana mencapai kontrol
  • Karakteristik-karakteristik kontrol, masalah-masalah kontrol
  • Elemen manusia, bagaimana mencapai kontrol : pengorganisasian, kebijakan, prosedur, personalia, akuntansi, penganggaran dan pelaporan
  • Dampak regulasi terhadap kontrol, peranan auditor internal, kontrol akuntansi internal pendekatan siklus
  • Dampak pengaturan organisasi terhadap kontrol internal, pengurangan kontrol organisasi virtual
  • Empat fungsi dan kontrol manajemen, mengapa sistem kontrol harus dirinci, kontrol yang berlebihan

5. Penilaian Risiko (Risk Assessment)

  • Filosofi COSO, siapa yang memanfaatkan penilaian risiko?
  • Merencanakan penilaian risiko dan eksposur, memperluas audit berbasis risiko
  • Organisasi tanpa proses manajemen risiko
  • Risiko audit dan komponen-komponennya pada audit laporan keuangan
  • Persediaan risiko, petanyaan-pertanyaan dasar mengenai risiko
  • Auditor internal dan risiko EC, risiko EDI, risiko manajemen
  • Membuat rencana penilaian risiko, manajemen risiko
  • Tujuan-tujuan proses manajemen risiko, metode analitis
  • Menggunakan bagan alir, kuisioner pengendalian internal dan analisis matriks
  • Pengendalian dan kontrol preventif, detektif dan korektif
  • Metodologi ilustratif COSO, metode lain pemberian nilai
  • Pertimbangan-pertimbangan pengungkapan risiko
  • Kebutuhan akan beberapa sarana dan kesimpulan

6. Survei Pendahuluan (Preliminary Aaudit Survey)

  • Perencanaan audit internal di kantor besar
  • Menyiapkan daftar pengingat, catatan kesan, dan kuisioner
  • Menentukan jadwal pertemuan awal dengan klien dan melakukan tanya jawab
  • Menentukan tujuan, sasaran, standar, pengendalian risiko
  • Penilaian risiko dan kualitas manajemen
  • Indikator-indikator manajemen yang efektif
  • Ciri-ciri manajemen yang tidak efektif
  • Kendala-kendala manajemen yang efektif, mengobservasi kualitas karyawan
  • Melakukan pengamatan fisik dan menyiapkan bagan alir
  • Melaporkan hasil survei, menganggarkan survei pendahuluan

7. Program Audit (Audit Program)

  • Program audit, pedoman dan sarana pengendalian mandiri
  • Menjelaskan apa yang dimaksud dengan program audit, kapan harus disiapkan, bagaimana penyiapannya dan siapa yang menyiapkan
  • Manfaat-manfaat program audit yang tepat, kapan menyiapkan program
  • Tanggung jawab auditor internal
  • Penekanan pada risiko, pengendalian dan standar
  • Ruang lingkup audit dari audit ketaatan hingga audit efektivitas
  • Mendefinisikan keekonomisan, efisiensi, dan efektivitas
  • Tujuan dan prosedur-prosedur audit, perbandingan dengan tujuan dan prosedur operasional
  • Contoh-contoh berbagai prosedur audit, bagaimana menyiapkan program audit
  • Menggunakan latar belakang informasi yang diperoleh selama survei pendahuluan
  • Mengidentifikasi tujuan, risiko, dan pengendalian
  • Program audit sebagai alat mempertahankan diri bagi auditor, contoh-contoh program audit pembelian dan pemasaran
  • Program audit komprehensif, bagian pengangkutan, contoh program proforma: kotak penyimpanan yang aman
  • Ambiguitas dalam bahasa program, hubungan program dengan laporan audit final
  • Mekanisme program, penugasan staf untuk audit berskala kecil
  • Pedoman penyusunan program audit, kriteria-kriteria program audit

8. Pekerjaan Lapangan (Audit Field Work) I

  • Pekerjaan lapangan suatu proses yang sistematis dan merupakan persyaratan profesional
  • Skeptisisme yang sehat
  • Strategi untuk melakukan pekerjaan lapangan
  • Tim audit yang diarahkan secara mandiri
  • Audit berhenti kemudian lanjut
  • Penilaian sendiri atas pengendalian
  • Elemen-elemen pekerjaan lapangan
  • Tujuan-tujuan audit dan tujuan-tujuan operasi
  • Auditing SMART
  • Pengukuran kinerja
  • Penerapan dan pembuatan standar
  • Penggunaan tolok ukur
  • Uji evaluasi
  • Teknik-teknik pemeriksaan transaksi-transaksi atau proses-proses tertentu : mengamati, mengajukan pertanyaan, menganalisis, memverifikasi, menginvestigasi,dan mengevaluasi

9. Pekerjaan Lapangan (Audit Field Work) II

  • Menerapkan teknik audit, audit fungsional, audit organisasional, studi dan konsultasi manajemen, audit program, audit atas kontrak
  • Audit terintegrasi, penggunaan konsultan, pemanfaatan sumber daya dari luar dan dari mitra
  • Pemeriksaan analitis: analisis tren, analisis rasio, analisis regresi, teknik- teknik analitikal lainnya
  • Bahan bukti hukum dan bahan bukti audit
  • Penanganan bahan bukti yang rawan dan pekerjaan lapangan dalam lingkungan berteknologi tinggi.
  • Auditing berkelanjutan
  • Masalah-masalah audit internal sehubungan dengan risiko, e-commerce/e-business, dan audit berkelanjutan

10. Audit Sistem Informatika (Information System Audit)

  • Tujuan kontrol aplikasi, kategori kontrol dan jenis-jenis kontrol
  • Kontrol masukan (input), otorisasi dan validasi masukan, transmisi dan konversi data penanganan kesalahan
  • Kontrol otorisasi masukan (Input Authorization Control)
  • Kontrol pengolahan (process), pemeliharaan ketepatan data, pengujian terprogram atas batasan dan memadainya pengolahan kontrol fail
  • Kontrol keluaran (output), rekonsiliasi keluaran, penelaahan dan pengujian hasil pengolahan distribusi keluaran
  • Record retention

11. Temuan Audit (Audit Findings)

  • Sifat-sifat temuan audit, standar dan saran-saran perbaikan
  • Temuan audit yang dapat dilaporkan
  • Pendekatan untuk mengkonstruksi temuan dan penambahan nilai
  • Tingkat signifikansi dan elemen-elemen temuan audit
  • Pembahasan temuan dan catatan temuan audit
  • Keahlian komunikasi dan pemeriksaan pengawasan
  • Melaporkan temuan audit dan tindak lanjut
  • Kecukupan tindakan perbaikan
  • Wewenang dan status audit
  • Sifat-sifat temuan audit, standar dan saran-saran perbaikan
  • Temuan audit yang dapat dilaporkan
  • Pendekatan untuk mengkonstruksi temuan dan penambahan nilai
  • Tingkat signifikansi dan elemen-elemen temuan audit
  • Pembahasan temuan dan catatan temuan audit
  • Keahlian komunikasi dan pemeriksaan pengawasan
  • Melaporkan temuan audit dan tindak lanjut
  • Kecukupan tindakan perbaikan
  • Wewenang dan status audit

12. Dokumentasi Kertas Kerja Audit (Audit Working Papers)

  • Pengertian kertas kerja audit dan fungsinya
  • Penyusunan dokumentasi kertas kerja audit
  • Otomisasi kertas kerja dan kertas kerja elektronik
  • Pemberian indeks dan referensi silang (Cross Indexing)
  • Kertas kerja proforma
  • Penyimpanan kertas kerja audit
  • Izin penggunaan kertas kerja audit
  • Pengawasan terhadap kertas kerja audit
  • Penyimpanan kertas kerja audit
  • Administrasi hasil audit
  • Administrasi kelengkapan pelaksanaan audit

13. Laporan Hasil Audit (Audit Report)

  • Kriteria dan standar laporan hasil audit
  • Bahan-bahan laporan dari Kertas Kerja Audit Terkini

14. Studi Kasus Operational Auditing

 

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

 

FACILITY

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2 x Coffee Break

Souvenir

Pick Up Participant (Yogyakarta)

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Risk Based Internal Auditing
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
x