Penyusunan Laporan Keuangan

Jadwal Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

DESCRIPTION

Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan. Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi : Neraca, Laporan Laba Rugi Komprehensif, Laporan Perubahan Ekuitas, Laporan Perubahan Posisi Keuangan yang dapat disajikan berupa laporan arus kas atau laporan arus dana, catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan.

Dalam Statement of Financial Accounting Concepts (SFAC) No.1 dijelaskan bahwa tujuan utama dari laporan keuangan adalah untuk menyediakan informasi yang berguna dalam pembuatan keputusan bisnis dan ekonomi. Agar dapat memberikan informasi yang berguna, maka laporan keuangan harus berkualitas. Menyediakan informasi yang berkualitas tinggi adalah penting karena hal tersebut akan secara positif mempengaruhi penyedia modal dan pemegang kepentingan lainnya dalam membuat keputusan investasi, kredit, dan keputusan alokasi sumber daya lainnya yang akan meningkatkan efisensi pasar secara keseluruhan.

Penyusunan laporan keuangan harus memperhatikan beberapa aspek mulai dari pengumpulan data transaksi, pencatatan, pemisahan ke buku besar perkelompok transaksi hingga penyusunan laporan laba rugi, neraca serta cashflow dan ditutup oleh laporan perubahan modal.
Untuk mendapatkan laporan keuangan yang akurat, sumber daya manusia di bidang akuntansi haruslah memiliki pengetahuan akuntansi yang  memadai dan terlatih. Hal ini tentu saja menjadi syarat mutlak karena tanpa SDM yang memadai maka laporan keuangan yang dihasilkan akan menyesatkan para penggunanya.

Untuk mendapatkan sumber daya yang memadai dan terlatih dapat ditempuh dengan berbagai cara diantaranya dengan pendidikan baik secara formil maupun non formil. Pelatihan/training mutlak tetap diperlukan agar dalam menyusun laporan keuangan, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Salah satu adalah komponen-komponen yang harus ada pada laporan keuangan :

  1. Neraca
    Neraca ini adalah laporan keuangan yang menampilkan informasi bagaimana posisi keuangan dari entitas pada suatu tanggal tertentu, biasanya pada akhir tahun.
  2. Laba Rugi
    Dilaporan laba rugi ini Anda dapat melihat laporan hasil operasi sebuah entitas selama periode tertentu, misalnya satu bulan atau satu tahun.
  3. Laporan Ekuitas (modal) Pemilik
    Laporan ini menyajikan ikhtisar perubahan yang terjadi dalam ekuitas pemilik pada suatu entitas untuk suatu periode tertentu, misalnya satu bulan atau satu tahun.
  4. Laporan Arus Kas
    Laporan arus kas menggambarkan mengenai jumlah kas masuk (penerimaan kas) dan jumlah kas keluar (pengeluaran kas) dalam suatu periode tertentu.

 

OBJECTIVES

  1. Menyusun Neraca Saldo
  2. Mengumpulkan data yang diperlukan untuk membuat jurnal penyesuaian
  3. Menyusun Neraca Lajur (Worksheet)
  4. Menyusun Laporan Keuangan yang terdiri dari laporan rugi laba dan laporan perubahan modal serta laporan-laporan lainnya
  5. Menyesuaikan dan menutup rekening-rekening
  6. Menyusun Neraca Saldo setelah Penutupan

 

TRAINING METHOD

Pre test

Presentation

Discussion

Case Study

Post test

Evaluation

 

FACILITIES

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Break

Souvenir

Pick Up Participant (Yogyakarta)

 

 

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Penyusunan Laporan Keuangan
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi

Get in Touch

Related Articles