Background logo website
PT MEDIA EDUTAMA INDONESIA
Provider yang Berkarakter, Unggul dan Terpercaya
Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) di Rumah Sakit Home  »  Rumah Sakit Yogyakarta   »   Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) di Rumah Sakit

Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) di Rumah Sakit

April 4, 2023

Jadwal Pelatihan Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) di Rumah Sakit

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

DESKRIPSI

Pelayanan kesehatan merupakan rangkaian kegiatan yang mengandung resiko, karena menyangkut keselamatan tubuh dan nyawa seseorang. Perkembangan ilmu pengetahuan, metode pengobatan dan penemuan alat kedokteran semakin canggih, selain memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, pada kenyataannya tidak mampu menghilangkan resiko terjadinya suatu kejadian yang tidak diinginkan, baik timbulnya komplikasi, kecacatan maupun pasien meninggal dunia.

Oleh karena itu Rumah Sakit perlu menyusun suatu program untuk memperbaiki proses pelayanan terhadap pasien, agar kejadian tidak diinginkan dapat dicegah melalui rencana pelayanan yang komprehensif. Dengan meningkatnya keselamatan pasien, diharapkan dapat mengurangi terjadinya suatu kejadian yang tidak diinginkan sehingga kepercayaan masyarakat terhadap mutu pelayanan Rumah Sakit kembali meningkat. Mengingat issue keselamatan pasien sudah menjadi issue global dan tuntutan masyarakat, maka penyusunan Program Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien Rumah Sakit menjadi prioritas yang perlu dilakukan oleh semua Rumah Sakit.

 

TUJUAN

Untuk memberikan pembekalan kepada sumber daya Rumah Sakit, agar mampu memberikan jaminan mutu pelayanan kesehatan prima dan keselamatan pasien yang berorientasi pada mutu paripurna (Total Quality Management) dan peningkatan mutu berkelanjutan (Continous Quality Improvement). Selain itu juga agar Rumah Sakit mampu:

  1. Memberikan jaminan Mutu Pelayanan melalui 6 Indikator Mutu Rumah sakit yang telah ditetapkan kepada seluruh pengunjung Rumah Sakit.
  2. Mampu menciptakan budaya melayani yang berorientasi pada keselamatan dan keamanan pasien di Rumah Sakit.
  3. Memberikan jaminan kepastian pelayanan yang aman berorientasi pada pasien, pelanggan dan masyarakat di Rumah Sakit.
  4. Mampu menurunkan tingkat menurunnya Kejadian Tidak Diharapkan (KTD) dan mampu mengendalikan program tersebut secara intensif.
  5. Mampu memberikan kesadaran dan kepatuhan yang penuh terkait dengan terlaksananya program-program pencegahan sehingga tidak terjadi pengulangan Kejadian Tidak Diharapkan.

 

MATERI 

  1. Leadership and Quality Patient Safety Plan
  2. Clinical Guidline, Clinical Pathway
  3. Penetapan dan Pengumpulan Data Indikator
  4. Analisa Data Indikator
  5. Validasi Data Indikator
  6. Sentinel Event
  7. Variasi/Trend Data Tidak Diharapkan
  8. Near Miss
  9. Improvement and Sustainibility
  10. Improvement in Priority Area and Test Change
  11. Risk Management—FMEA

 

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

 

FACILITIES

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Break

Souvenir

Pick Up Participants

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) di Rumah Sakit
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
x