Background logo website
PT MEDIA EDUTAMA INDONESIA
Provider yang Berkarakter, Unggul dan Terpercaya
Pemeriksaan Penerimaan Hasil Pengadaan Barang dan Jasa Konstruksi Home  »  Bandung Purchasing and Procurement Warehouse & Inventory   »   Pemeriksaan Penerimaan Hasil Pengadaan Barang dan Jasa Konstruksi

Pemeriksaan Penerimaan Hasil Pengadaan Barang dan Jasa Konstruksi

August 22, 2017

Jadwal Pelatihan Pemeriksaan Penerimaan Hasil Pengadaan Barang dan Jasa Konstruksi

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

DESCRIPTION

Manajemen Pengadaan Barang/Jasa adalah suatu rangkaian kegiatan pengelolaan aktifitas pemenuhan kebutuhan dalam mencapai tujuan organisasi melalui pembelian barang/pelaksanaan pekerjaan jasa atau barang dan jasa. Sehingga pemahaman tentang lingkungan dan konteks organisasi merupakan persyaratan penting dalam pengadaan barang/jasa terutama dalam sektor pemerintahan. Kemudian pengetahuan yang tidak kalah pentingnya adalah proses perancangan dan pembuatan kontrak yang harus dimiliki sebagai kompentensi bagi pelaku pengadaan.

Proses pengadaan biasanya dimulai dengan adanya permintaan barang/jasa oleh pengguna anggaran  kepada pihak pengelolaan pengadaan (procurement). Pihak pengelola pengadaan kemudian melakukan proses untuk mendapatkan barang/jasa sesuai dengan permintaan yang tertuang dalam dokumen yang dibuat oleh pengguna anggaran, dengan melakukan proses pelelangan, kemudian pembuatan komitmen dalam bentuk order atau bentuk kontrak kepada penyedia yang ditunjuk. Penyedia barang/jasa kemudian menyerahkan barang atau memenuhi jasa yang diminta pihak pengguna (PPK). Pada pengadaan barang/jasa publik (pemerintah), berdasarkan Perpres 54 Tahun 2010 dan perubahannya, penerimaan barang/jasa atau hasil pekerjaan dilakukan oleh Panitia/Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan (PPHP) setelah dilakukan pemeriksaan/pengujian hasil pekerjaan sesuai ketentuan yang tercantum dalam kontrak, dan dibuat Berita Acara Serah Terima (BAST) Hasil Pekerjaan. Khusus dalam hal pengadaan Jasa Konsultansi, pemeriksaan hasil pekerjaan dilakukan setelah berkoordinasi dengan pengguna jasa konsultansi yang bersangkutan. Sehingga dalam konteks pengadaan barang/jasa sektor publik, pihak pengguna diwakili oleh PPHP.

Mengapa proses penerimaan hasil pengadaan barang/jasa menjadi sangat penting dalam proses pengadaan? Tidak lain karena ini akan menentukan selesai atau tidaknya suatu kontrak. Jikalau penyedia barang dapat memenuhi seluruh persyaratan yang tertulis di dalam kontrak, maka pengguna  akan menerima hasil pengadaan barang/jasa dengan memberikan pengesahan dan mengeluarkan berita acara serah terima. Namun apabila, pengguna  menemukan adanya aspek-aspek yang tidak dipenuhi oleh penyedia barang/jasa seperti tertera dalam dokumen kontrak, maka pengguna dapat meminta penyedia untuk melakukan perubahan/pensuplaian ulang atau pekerjaan ulang, sampai pekerjaan memenuhi aspek-aspek yang disyaratkan. Apabila setelah dilakukan berkali-kali belum juga dapat memenuhi persyaratan, mungkin saja pengguna menyatakan bahwa penyedia tidak mampu memenuhi permintaan barang/jasa, sehingga kontrak harus dihentikan (terminated).

Hal lain yang membuat proses penerimaan hasil pengadaan barang/jasa menjadi sangat penting adalah karena melibatkan proses-proses lain seperti pengelolaan, Pengendalian Kualitas (Quality Control), Penjaminan Kualitas (Quality Assurance), Perubahan termasuk pengesahan atau penolakan (approve or reject change), Laporan dari proses pengadaan dan laporan perkembangan proyek. Selain itu pengelolaan penerimaan hasil pekerjaan akan berkaitan dengan beberapa aktifitas dalam pengadaan seperti :

  • Konfirmasi bahwa pekerjaan/barang telah selesai
  • Melakukan penutupan seluruh syarat-syarat dan kondisi pengadaan
  • Mendapatkan penerimaan dari barang/jasa yang disuplai
  • Melakukan pembayaran
  • Melaksanakan pembuatan laporan.

 

MATERI PELATIHAN

  1. SOP Pengadaan
  2. Penyusunan Rencana Umum Pengadaan
  3. Penyusunan Dokumen Pengadaan
  4. Administrasi pengadaan
  5. Pembuatan Daftar Rekanan Terseleksi
  6. Proses Pemeriksaan dan Penerimaan  Pengadaan Barang
  7. Pemeriksaan dan penerimaan pengadaan jasa konstruksi
  8. Pemeriksaan dan penerimaan pengadaan jasa container
  9. Pemeriksaan dan penerimaan jasa renovasi ruangan
  10. Pemeriksaan dan penerimaan jasa pembangunan gedung
  11. Proses complain kepada vendor
  12. Pembuatan laporan hasil pengadaan barang dan jasa konstruksi

 

METODE PELATIHAN

Pre test

Presentation

Discussion

Case Study

Post test

Evaluation

 

FASILITAS

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch

2x Coffee Break

Souvenir

 

 

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Pemeriksaan Penerimaan Hasil Pengadaan Barang dan Jasa Konstruksi
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
x