Effective Communication and Interpersonal Skills
March 27, 2024
Jadwal Pelatihan Effective Communication and Interpersonal Skills
Tanggal | Tempat | Kota | Belum ada jadwal terbaru |
OVERVIEW
Sebagian besar masalah dalam organisasi adalah lemahnya koordinasi dan ketidakefektifan dalam berkomunikasi. Kurangnya ‘TRUST’ yang disebabkan oleh manajemen komunikasi yang kurang baik dan ketidakpahaman karakter rekan kerja, atasan-bawahan serta customer, menjadi titik mula masalah komunikasi dalam koordinasi. Mentalitas “BEJAT” (abreviasi untuk penyakit koordinasi) pun akhirnya menjadi momok dalam hubungan kerja di perusahaan. Training ini akan membekali para peserta dengan pengetahuan akan pemahaman diri dan orang lain, serta keterampilan praktis berkomunikasi secara efektif, untuk beragam situasi pekerjaan sehari-hari. Teknik komunikasi verbal dan non verbal (bahasa tubuh & voice tone) akan dibahas tuntas, sehingga peserta mampu ‘menampilkan’ kesan dan pesan yang sesuai untuk tujuan komunikasinya.
MANFAAT PELATIHAN
- Menghindari salah asumsi dan persepsi dalam komunikasi.
- Membuat strategi pendekatan, presentasi, dan persuasi yang tepat berdasarkan tipologi manusia.
- Mengatasi keberatan pada waktu melakukan negosiasi
- Aplikasi strategi berkomunikasi dalam teamwork, komunikasi asertif, dan gaya komunikasi yang sesuai untuk tujuan komunikasinya.
- Aplikasi komunikasi dalam hubungan sosial dan bisnis demi memaksimalkan kepentingan bisnis.
MATERI PELATIHAN
1. Effective Communication & Interpersonal Skills: Konsep & Tren Mutakhir
- Konsep Dasar Human Communication. Beragam Situasi Kerja yang Membutuhkan Solusi Komunikasi
- Pemahaman Peranan Komunikasi dalam Internal dan Eksternal Kantor
- Persepsi dan Hambatan Psikologis, beserta Prinsip-prinsip Komunikasi
- Memahami Perbedaan antara Pikiran dengan Perbuatan
- Memahami Kekuatan Pikiran Bawah Sadar
- Hukum Pikiran Bawah Sadar dan Implikasinya
- Mempelajari Faktor yang Mempengaruhi Pembentukan Citra Diri
- Menggunakan NLP untuk Membangun Kedekatan dan Relasi
2. Teknik Membaca Beragam Pola Manusia dalam Berkomunikasi
- Memahami Berbagai Tipe Personality, Kecenderungan dan Gaya Komunikasinya
- Memahami Motif, kebiasaan dan Bahasa Tubuh Manusia sesuai Tipologi
- Memahami Penggunaan Metode “KGHP” dan Indikator lainnya
- Bagaimana Mencari Tombol Pemicu Tiap Orang Berdasarkan Tipologi dan Profil Kepribadiannya
- Latihan: Mengenali Tipologi Manusia dari Bersalaman, Raut Muka, Gaya Bicara dan Pakaian
- SIMULASI: Membuat Strategi Pendekatan, Presentasi dan Persuasi yang Tepat
3. Teknik Komunikasi Non Verbal (Voice, Visual & The Effect of Grooming) dalam Komunikasi & Persuasi
- Memahami Aplikasi Faktor Komunikasi (3Vs) dalam Persuasi & Komunikasi
- Beragam Teknik Komunikasi Bawah Sadar dan NLP
- Teknik Pacing-Leading (Tiru Samakan Pimpin) dalam Quick Approaching: Melatih Teknik “How to Make People Like You in Less Than 5 Minutes”
- Membaca 5 Bahasa Tubuh dengan Metode Traffic Light System (Red-Yellow- Green) serta Strategi Mengatasinya/Mendapatkan Komitmennya
- Penampilan dalam Berbisnis & Tata Busana Pria & Wanita
- LATIHAN: People Reading with Traffic Light & Non-Verbal Selling
- BONUS: Truthfulness & Sub-Modality
4. Teknik Menghindari Salah Asumsi & Persepsi dalam Komunikasi
- Meningkatkan Kualitas Interaksi dengan Pertanyaan yang Tepat (Seni dalam Bertanya)
- Mengetahui Teknik Reviewing, termasuk Mengembangkan Issues, Solution dan Metode yang Efektif
- Penggunaan Seni Meta Model dengan Mengajukan Pertanyaan Kunci untuk Menggali Pemahaman Kata-kata Seseorang
- Bagaimana Membingkai (Reframing) Seputar Kejadian atau Pengalaman Tertentu ke dalam Komunikasi
5. Komunikasi dalam Menjual Ide & Bernegosiasi
- Teknik Menjual (Ide) kepada Orang yang Berbeda Tipologi
- Teknik Menggiring dan Membaca Bahasa Tubuh untuk Penutupan
- Pembuatan Script Penggiringan dan Latihan Kelas
- Mengenali Tanda-tanda Penutupan, dan Macam-macam Jenis Closing yang Efektif
- Teknik Negosiasi dan Strategi Penutupan Penjualan yang Efektif
- Bagaimana Mencari Informasi Mengenai Lawan Negosiasi
- Teknik Mengatasi Keberatan pada Waktu Melakukan Negosiasi
6. Komunikasi dalam Konteks Hubungan Atasan-Bawahan-Rekan Kerja
- Strategi Berkomunikasi dalam Teamwork, Komunikasi Asertif dan Gaya Komunikasi yang Sesuai
- Metode Memberikan Instruksi, Delegasi, Menegur, Memuji, Menghukum dan Memberikan Feedback Sesuai Tipologi Seseorang
- Metode Komunikasi Membangun Kedekatan, Coaching dan Counseling Sederhana
7. Komunikasi untuk Hubungan Interpersonal & Menangani Keluhan Pelanggan Secara Efektif
- Teknik Active Listening dalam Interaksi Interpersonal
- Menerapkan Komunikasi Asertif, Bukan Pasif & Agresif
- Melakukan Profiling, dengan Berhenti Sejenak untuk Menganalisa Partner Bicara
- Teknik Persuasi Efektif Menangani Keluhan Pelanggan yang Sulit/Bermasalah (Kecewa dan Marah-marah)
- Strategi Adaptif untuk Memenangkan Pelanggan Sulit/Bermasalah
- SIMULASI: Active Listening
8. Lobbying & Networking: Aplikasi Komunikasi dalam Hubungan Sosial & Bisnis
- Mengenal Pentingnya Sosial Competence Sesuai Beragam Situasi (Konteks) Sosial/Bisnis, dan Bagaimana Mengenal dan Mengelola Diri Anda dalam Berkomunikasi Sosial dan Bisnis
- Bagaimana Memasuki Pergaulan Baru, Teknik Komunikasi Melebur yang Efektif
- Managing Relationship: Mengelola Hubungan Bisnis yang Optimal
- Teknik Komunikasi Efektif Menghadapi Pejabat Pemerintah, Business Owner, Corporate Executive, Salesman, Profesional Umum, dan Bagaimana Memaksimalkannya Demi Kepentingan Bisnis
- Membangun Pesan yang Kuat & Efektif
- Skills Komunikasi Interpersonal Terapan untuk Lobbying & Networking
TRAINING METHOD
Presentation
Discussion
Case Study
Evaluation
FACILITIES
Training Kit
Handout
Certificate
Lunch + 2x Coffee Break
Souvenir
Pick Up Participant (Jogja only)