Background logo website
PT MEDIA EDUTAMA INDONESIA
Provider yang Berkarakter, Unggul dan Terpercaya
Dasar CMC (Coaching, Mentoring, Counseling) Home  »  Agustus 2024 April 2024 Bali Coaching & Counseling Desember 2024 Februari 2024 Human Resources Jakarta Juli 2024 Juni 2024 Lombok Malang Maret 2024 Mei 2024 November 2024 Oktober 2024 Semarang September 2024 Surabaya Yogyakarta   »   Dasar CMC (Coaching, Mentoring, Counseling)

Dasar CMC (Coaching, Mentoring, Counseling)

February 6, 2024

Jadwal Pelatihan Dasar CMC (Coaching, Mentoring, Counseling)

TanggalTempatKota
27 - 29 Desember 2024-Surabaya
12 - 14 November 2024-Lombok
14 - 16 Oktober 2024-Jakarta
03 - 05 September 2024-Bali

DESCRIPTION

Kapasitas terbesar dari sebuah perusahaan terletak pada SDM-nya. Berbagai upaya dilakukan perusahaan-perusahaan besar untuk mengoptimalkan SDM tersebut. Tak jarang dalam perusahaan dapat terjadi permasalahan yang menyangkut kinerja dari karyawan baik sebagai individu maupun dalam kelompoknya. Saat ini, seorang karyawan yang handal tidak saja menguasai hard skill dari apa yang dikerjakan tetapi juga harus memiliki kemampuan soft skill agar pemanfaatan SDM dapat dilakukan secara signifikan bagi pertumbuhan organisasi/perusahaan. Berdasarkan hal tersebut, maka berkembanglah fungsi dan tanggung jawab seorang pemimpin/manajer/supervisor di perusahaan untuk bertindak sebagai Coach, Counselor & Mentor, memiliki kemampuan dalam hal coaching, counseling dan mentoring (CMC) mengidentifikasi potensi yang dimiliki anak buah sehingga potensi dan kemampuan tersebut dapat diarahkan dan dimaksimalkan secara efektif untuk mampu mencapai kinerja yang optimal. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengamati, menilai, mengarahkan, memberi contoh, membimbing dan melakukan interaksi dengan cara yang efektif. Atasan yang berhasil menjadi Coach, Counselor & Mentor yang baik mempunyai kemampuan untuk mendorong bawahan menghasilkan kinerja tinggi, sekaligus juga berhasil membangun hubungan emosional yang positif sehingga proses transfer pengetahuan, berbagi pengalaman, serta pembimbingan bisa berjalan beriringan. Hasil akhirnya, seorang Coach, Counselor & Mentor tidak sekedar dipatuhi melainkan juga dihormati oleh bawahannya.

 

MATERI 

1. Fundamental CMC:  Mentoring, Coaching, and Counseling

  • Dimensi Coaching Counseling & Mentoring
  • Prinsip dasar pembelajaran: “Life is about learning, not being perfect.”
  • Membangun value pribadi sebagai Coach Counselor & Mentor
  • Memahami keunikan orang lain dan diri sendiri
  • When conducting Mentoring, Coaching and Counselling
  • Who can be as mentor, coach and councellor

2. Proses dan Penguasaan Teknik CMC

  • The 6-Steps CMC Model
  • Teknik berkomunikasi dalam setiap langkah CMC
  • Praktek individu dan role play
  • Key Principles of Effective Mentoring
  • Fundamentals of Effective Coaching
    • TOPIC model
    • Relationships
    • Memotivasi bawahan untuk bisa berkinerja tinggi
    • Menjadi pemimpin yang inspiratif
    • Creating accelerated learning environment
  • Keys to Successful Coaching
    • Pengembangan diri (Self-development)
    • Language
    • Attitude
    • Leaderships
    • Coach high potential employees
  • Effective Counseling Practices
    • People problem
    • Problem problem
    • Role play

3. Conducting Counseling for Positive Impact

  • Steps and techniques
  • Do’s and dont’s

4. Essential Skills for Effective Mentoring, Coaching, and Counseling

  • Approaches
  • Listening skills
  • Questioning
  • Giving/obtaining feedback
  • Problem solving
  • Critical thinking and creativity

5. Handling Emotions and Conflict

  • Anxiety, fear, anger, depression and hopelessness
  • Attitude problems
  • Poor performers
  • Other business ethics related concern

 

TRAINING METHOD

Pre Test

Presentation

Discussion

Case Study

Post Test

Evaluation

 

FACILITIES

Training Kit

Modul Pelatihan

Sertifikat

1x Lunch & 2x Coffee Break

Souvenir

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Dasar CMC (Coaching, Mentoring, Counseling)
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
x