Background logo website
PT MEDIA EDUTAMA INDONESIA
Provider yang Berkarakter, Unggul dan Terpercaya
Analisa Kredit untuk Meningkatkan Pemasaran Produk Kredit BPR Home  »  April 2025 Credit and Collection Perbankan & Koperasi Yogyakarta   »   Analisa Kredit untuk Meningkatkan Pemasaran Produk Kredit BPR

Analisa Kredit untuk Meningkatkan Pemasaran Produk Kredit BPR

March 1, 2025

Jadwal Pelatihan Analisa Kredit untuk Meningkatkan Pemasaran Produk Kredit BPR

TanggalTempatKota
15 - 16 April 2025-Yogyakarta

DESKRIPSI

Dalam industri perbankan, khususnya Bank Perkreditan Rakyat (BPR), analisa kredit memegang peranan penting dalam pengambilan keputusan pemberian kredit. Marketing BPR sering kali dihadapkan pada tantangan dalam mengenali potensi risiko kredit dan memahami profil debitur. Dengan meningkatnya persaingan dan kompleksitas produk keuangan, pelatihan dalam analisis kredit menjadi suatu kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan marketing dalam menawarkan produk yang tepat kepada nasabah. Dengan memahami dan menguasai analisis kredit, diharapkan marketing BPR dapat berkontribusi lebih efektif dalam mencapai tujuan lembaga dan memberikan layanan
yang lebih baik kepada nasabah.

 

TUJUAN

  • Memberikan pemahaman mendalam tentang konsep dasar analisis kredit dan pentingnya dalam proses pemberian kredit.
  • Mengajarkan teknik-teknik analisis kredit yang efektif, termasuk evaluasi kemampuan bayar debitur dan risiko yang terkait.
  • Meningkatkan kemampuan marketing dalam membuat keputusan yang lebih baik terkait penyaluran kredit.
  • Membantu peserta dalam merancang penawaran produk yang sesuai dengan kebutuhan dan profil risiko nasabah.
  • Secara keseluruhan, pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kinerja BPR melalui pengelolaan risiko yang lebih baik dan peningkatan produktivitas marketing.

 

MATERI

1. Pendahuluan

  • Pentingnya Analisa kredit dalam pemasaran
  • Dasar-Dasar Analisis Kredit
  • Pengertian analisis kredit
  • Jenis-jenis kredit yang diberikan oleh BPR
  • Proses pemberian kredit

2. Kriteria Analisis Kredit (5C dalam Analisis Kredit)

  • Character (Karakter)
  • Capacity (Kapasitas)
  • Capital (Modal)
  • Collateral (Agunan)
  • Conditions (Kondisi)

3. Proses Pemrosesan Kredit

  • Pengumpulan data dan informasi nasabah
  • Analisis kelayakan kredit
  • Penyusunan rekomendasi kredit

4. Manajemen Risiko Kredit

  • Identifikasi risiko kredit
  • Penilaian risiko dan mitigasi
  • Strategi pengurangan risiko

5. Regulasi dan Kepatuhan

  • Kebijakan internal BPR
  • Peraturan OJK terkait kredit

6. Pemasaran Produk BPR

  • Strategi pemasaran kredit
  • Teknik komunikasi dan negosiasi
  • Pengenalan produk kepada calon debitur

 

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

 

FACILITY

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Break

Souvenir

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Analisa Kredit untuk Meningkatkan Pemasaran Produk Kredit BPR
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
x