Background logo website
PT MEDIA EDUTAMA INDONESIA
Provider yang Berkarakter, Unggul dan Terpercaya
Strategi Penagihan dalam Upaya Penurunan Tingkat Kredit Bermasalah Home  »  Bandung Credit and Collection Malang Perbankan & Koperasi Yogyakarta   »   Strategi Penagihan dalam Upaya Penurunan Tingkat Kredit Bermasalah

Strategi Penagihan dalam Upaya Penurunan Tingkat Kredit Bermasalah

October 16, 2018

Jadwal Pelatihan Strategi Penagihan dalam Upaya Penurunan Tingkat Kredit Bermasalah

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

DESCRIPTION

Krisis yang melanda perekonomian Indonesia benar-benar berdampak buruk terhadap kinerja sektor keuangan. Banyak perusahaan yang gagal secara finansial, bahkan tutup dan menanggung kerugian yang tidak sedikit, baik perusahaan dengan skala besar ataupun kecil. Perusahaan tidak saja sulit mendapatkan sumber dana murah, Memberikan pemahaman kepada peserta mengenai faktor yang mempengaruhi kegiatan bisnis kredit komersial bermasalah dan macet yang dilakukan Bank/Lembaga Pembiayaan beserta upaya solusinya (penyelamatan & likuidasi). Memberikan kemampuan teknis kepada peserta tentang bagaimana mengantisipasi kemungkinan penyebab kredit bermasalah dan macet dan bagaimana cara meminimalkan risiko tersebut.

Non Performing Loan atau biasa disebut NPL ini merupakan kredit bermasalah yang merupakan salah satu kunci untuk menilai kualitas kinerja bank. Ini artinya NPL merupakan indikasi adanya masalah dalam bank tersebut yang mana jika tidak segera mendapatkan solusi maka akan berdampak bahaya pada bank. Bagaimana tidak, meningkatnya NPL ini jika dibiarkan secara terus menerus akan memberikan pengaruh negatif pada bank. Dampak negatif tersebut salah satunya adalah mengurangi jumlah modal yang dimiliki oleh bank.

Suku bunga memang merupakan salah satu sumber income bank yang mana jika bank tidak lagi menerima angsuran sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan, maka dikhawatirkan hal ini akan terus memperburuk kondisi bank. Melihat kasus seperti ini, maka pihak bank memang dituntut untuk melakukan analisa kredit sehingga bisa melakukan seleksi klien mana yang pantas untuk menerima dana pinjaman dari bank.

Banyak faktor yang seringkali memicu munculnya masalah ini diantaranya adalah dampak krisis multidimensional yang hingga saat ini membuat banyak dari para debitur bank tidak mampu menyelesaikan masalah kredit mereka yang macet. Faktor lain yang juga seringkali memicu masalah ini adalah tidak adanya i’tikad baik dari para debitur untuk segera menyelesaikan masalah ini.

Akibatnya tidak jarang bank atau lembaga keuangan akan menerima dampaknya dari kondisi ini. Tingginya suku bunga memang seringkali menjadi beban berat bagi para debitor untuk menyelesaikan kewajiban mereka pada bank, Sehingga mereka tidak mampu menyelesaikan kredit sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat. Mengetahui seluk-beluk mengenai apa itu NPL tampaknya hal itu tidak cukup dalam dunia perbankan. Untuk menjaga bank tetap dalam kondisi yang aman, maka sistem manajemen yang baik memang sangat perlu untuk diterapkan secara maksimal.

Melalui manajemen yang baik dalam berbagai kegiatan operasional bank terutama untuk hal-hal yang terkait dengan kredit ini, akan membantu menjaga kestabilan kondisi dalam bank. Bagaimana tidak, sebagaimana yang telah kita singgung di atas bahwa NPL bisa memberikan pengaruh besar pada bank. NPL yang juga dikenal dengan kredit bermasalah ini memang bisa berdampak pada berkurangnya modal bank. Jika hal ini dibiarkan, maka yang pasti akan berdampak pada penyaluran kredit pada periode berikutnya.

 

COURSE OUTLINE

  1. Rekonstruksi Proses Kredit
  2. Identifikasi Celah/Ruang
  3. Berpotensi Menimbulkan NPL
  4. Upaya Menurunkan NPL
  5. Strategi Penagihan
  6. Strategi Jitu Restrukturisasi ; Kerangka kerja penanganan kredit bermasalah, Regulasi pendukung
  7. Penyusunan Memorandum Analisa Penyelamatan Kredit
  8. Kredit Bermasalah dan Macet
  9. Tujuan Pemberian Kredit
  10. Mengapa Kredit Bermasalah dan Macet
  11. Mengapa Kredit Bermasalah dan Macet
  12. Gejala Dini Penurunan Kualitas Kredit
  13. Tindakan Antisipasi (Correction Action)
  14. Bagaimana Mencegah Kredit Bermasalah dan Macet (lanjutan)
  15. Putusan Dilematis : Diselamatkan atau Dilikuidasi
  16. Berbagai Upaya Penanganan Kredit Bermasalah dan Macet
  17. Penyelamatan Kredit
  18. Penyelesaian Kredit (Likuidasi)
  19. Supervisi dan Monitoring
  20. Documentation and Administration
  21. Jaminan dan Agunan
  22. Studi Kasus

 

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

 

FACILITIES

Training Kit

Flash disk

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Break

Souvenir

Pick Up Participant (Yogyakarta)

 

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Strategi Penagihan dalam Upaya Penurunan Tingkat Kredit Bermasalah
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
x