Background logo website
PT MEDIA EDUTAMA INDONESIA
Provider yang Berkarakter, Unggul dan Terpercaya
Training Online – Public Relation Strategy, External Relations and Community Home  »  Communication, Sales & Marketing Public Relations Training Online   »   Training Online – Public Relation Strategy, External Relations and Community

Training Online – Public Relation Strategy, External Relations and Community

December 23, 2021

Jadwal Pelatihan Training Online – Public Relation Strategy, External Relations and Community

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

DESKRIPSI

Dalam sebuah perusahaan/industri, komunikasi adalah sarana yang paling krusial. Komunikasi sangat penting peranannya, bahkan mejadi salah satu kunci sukses dari keberhasilan perusahaan, terlebih dalam memberikan pelayanan, memerlukan interaksi yang baik melalui komunikasi sehingga hubungan baik dengan stakeholder akan dapat terjalin. Kemampuan untuk menyampaikan informasi perusahaan kepada publik luar, mekanisme penyampaian informasi  dan pengenalan media apa saja yang bisa dimanfaatkan secara efektif akan sangat mempengaruhi citra perusahaan di mata stakeholder. Terjadinya miss communication akan menurunkan citra perusahaan yang berdampak pada hilangnya kepercayaan publik dan akhirnya berdampak pada penjualan atau pelayanan yang dihasilkan.

Di sini fungsi Public Relations (PR) memegang peranan penting dalam jalur corporate communication ini. Keberadaan PR tidak dapat dipisahkan dari aspek komunikasi lainnya seperti pemasaran, promosi, iklan dan penjualan. Begitu pentingnya posisi PR ini, maka setiap perusahaan/organisasi, apapun bentuk perusahaan/organisasi tersebut mutlak harus mempunyai bagian PR karena bagian ini memegang peranan untuk dapat mem-publish (melakukan publisitas) mengenai perusahaan/organisasi tersebut, agar masyarakat/publik mengetahui eksistensi sebuah perusahaan/organisasi, “siapa”, “bagaimana”, dan keberadaan serta produk-produk apa saja yang dihasilkan dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Untuk itu, diperlukan SDM yang memiliki pengetahuan, pemahaman dan kemampuan untuk mampu menjalankan tugas kehumasan dengan baik sesuai dengan prinsip dan standar kehumasan, dan menjalin relasi yang baik dengan media massa, karena melalui media inilah dapat membentuk citra baik sebuah perusahaan di mata masyarakat dan kolega.


TUJUAN

Setelah mengikuti pelatihan ini,diharapkan peserta dapat:

  • Meningkatkan pemahaman bahwa Public Relations, Media Relation dan Corporate Communication adalah bagian krusial yang saling berhubungan satu sama lain dan sangat penting bagi perusahaan.
  • Memahami tentang peran komunikasi perusahaan, mekanisme dalam penyampaian informasi dan berbagai aktivitas untuk menjalin komunikasi dengan media serta troubleshooting dalam corporate communication.
  • Dapat sharing pengalaman, pengetahuan dan keterampilan berkaitan dengan metode, konsep, strategi, serta teknik menjalin hubungan media untuk mendukung profesionalisme kerja.
  • Menjalin relasi yang baik dengan media, dari konsep, strategi, sampai aplikasinya.
  • Mendapatkan technical guide (panduan teknis) terkait dengan media, baik media cetak & elektronik.
  • Mampu menyusun program PR yang efektif sesuai kebutuhan komunitas dan publik terkait.
  • Mampu melakukan presentasi, press conference, & memiliki keterampilan menulis press release.
  • Mampu mengkomunikasikan berbagai ide, melaksanakan rancangan program kepada berbagai kelompok masyarakat sasaran organisasi, dan menarik simpati untuk mendapatkan pengertian, pengakuan, dan dukungan publik.

 

MATERI

1. Konsep Komunikasi Perusahaan (Corporate Communication)

  • Konsep Komunikasi & Pelayanan Prima
  • Peran dan Manfaat Komunikasi bagi Perusahaan
  • Karakter Pelayanan Perusahaan

2. Perencanaan Komunikasi Perusahaan

3. Jenis Model Komunikasi

4. Peranan Public Relations dalam Perusahaan/Organisasi

  • Fungsi dan Peranan PR
  • Manfaat PR
  • Kedudukan PR dalam Organisasi

5. Dasar-dasar dan Strategi Efektif PR

  • Memahami Opini Publik
  • Teknik Menyusun Program PR yang Efektif Sesuai dengan Kebutuhan Komunitas dan Publik Terkait

6. Perencanaan Kerja PR

  • Proses Kegiatan PR
  • Langkah-langkah Kegiatan
  • Hambatan-hambatan

7. Management Crisis

  • Apa itu Krisis
  • Katagori Krisis dan Bentuknya
  • Manajemen Krisis dan Citra Perusahaan/Organisasi
  • Penanggulangan Krisis
  • Masa dan Setelah Krisis

8. Corporate Image Identity

  • Membentuk Opini Publik
  • Sifat dari Opini Publik
  • Membentuk Citra Perusahaan/Lembaga/Institusi

9. Identifikasi Audience Expetation/Stakeholder

10. PR dan Marketing Service

  • Prinsip-prinsip Dasar
  • Marketing Development Strategy
  • Marketing Communication Strategy

11. Customer Behavior

  • Menentukan Target Audience
  • Karakteristik Konsumen
  • Elemen Dasar dari Proses Conditioning

12. Mekanisme Penyampaian Informasi kepada Publik dan Stakeholder

13. Pengenalan Berbagai Jenis Media, Aktivitas Media, Karakter Media

14. Mengembangkan Press Release dan Hubungan dengan Media (Media Relations)

15. Media Relations, Press Release dan Pidato

  • Pengertian dan Kegiatan
  • Menulis Press Release
  • Jenis-jenis Pidato
  • Pidato, Format Dasar – General Model dan Model Rinci

16. Press Conference – Tindak Lanjut Media Relations

  • Mengapa Press Conference
  • Beberapa ‘Tipe’ Penyelenggaraan
  • Aktifitas dalam Press Conference

17. Media Control (Ownership vs Control of Media)

18. Teknik Mengatasi Miss Comunication dan Krisis Komunikasi dengan Stakeholder dan Media

19. Studi Kasus

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Training Online – Public Relation Strategy, External Relations and Community
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
x