Tanggal | Tempat | Kota |
---|---|---|
Belum ada jadwal terbaru |
DESCRIPTION
Procurement adalah proses pengadaan barang & jasa dalam sebuah institusi. Pada organisasi bisnis, lembaga sosial, atau instansi pemerintahan yang baik biasanya telah memiliki peraturan internal terkait Procurement, yang akan memastikan bahwa proses perencanaan pengadaan dan pemilihan supplier telah memenuhi standar umum & dilakukan secara transparan. Dalam prakteknya seringkali timbul permasalahan dalam proses pelaksanaannya, mulai dari perencanaan yang tidak terintegrasi, perubahan harga dan pasokan tersedia, seleksi Supplier yang mengundang potensi fraud, miskomunikasi, hingga Vendor/Supplier yang rawan prestasi terhadap order & kontrak.
Perilaku fraud bisa menimpa siapa saja dalam proses pengadaan, tanpa melihat jenjang jabatan. Mulai dari “menjual informasi” Procurement Plan, bersikap diskriminatif kepada calon pemasok, hingga mengatur proses pengadaan atau tenderdengan tujuan meminta “success fee” atau melakukan “mark up harga” demi keuntungan pribadi. Dalam banyak kasus pelaku fraud tidak hanya procurer saja, tapi juga bisa dari bagian lain yang menjadi bagian dari komite pembelian, pemegang database perusahaan, bahkan level pengambil keputusan. Diperlukan sistem dan pengetahuan yang memadai untuk mencegah, mendeteksi, dan mengurangi resiko terjadinya fraud.
COURSE OUTLINE
1. Introduction to Procurement Fraud, Fraud Detection Methods & Transparency and Accountability Principles
2. Common Types of Procurement Frauds, Criteria for Gross Misconduct, Criminal, and Civil Cases
3. Procurement Planning Process
4. Evaluate the Process for Developing a Request for Proposal (RFP)
5. Identify Types of Contracts for Various Situations
6. Describe the Roles and Responsibilities a Contract Administration, Procurement Agent and Project Manager
7. Contracting Process
8. Identify Vendor Solicitation and Selection Criterions
9. Describe the Contract Negotiation Process
10. Explain the Roles of Risk Management in the Contracting Process
11. Contract Administration Process
12. Describe Contract Administration Policies and Procedures
13. List the Tools for Contract Administration Process
14. External Influences on the Procurement Management Process
15. Handling Procurement Fraud, Constructing Preventive Policy and Control System
16. Identifikasi Penyimpangan dalam Kecurangan
17. Bukti dan Pembuktian Kecurangan atas Pengadaan Barang dan Jasa
18. Observasi
19. Pengujian Dokumen
20. Pengujian Fisik
21. Wawancara
Data Materi Training | |
Topik Training | : Training Online- Procurement and Contracting |
Link | |
*Jumlah Peserta | Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan |
*Nama Peserta Yang Didaftarkan | |
Personal Data | |
*Nama | |
*Jabatan | Jabatan/Divisi/Departement |
*Nama Perusahaan | |
*Alamat Perusahaan | |
*Email Perusahaan | |
*Email Alternatif | eg: gmail, yahoo, hotmail |
*Telepon Kantor | |
Ekstensi | |
*Handphone | |
* Harus di isi | |