Tanggal | Tempat | Kota |
---|---|---|
Belum ada jadwal terbaru |
DESCRIPTIONS
Suatu perusahaan dengan berbagai unit kegiatan usaha, setiap periode harus mempertanggungjawabkan kegiatan serta hasil pengelolaan dan kinerja keuangannya kepada manajemen sebagai pengelola perusahan. Selanjutnya, manajemen atau dewan direksi perusahaan akan mempertanggungjawabkan hasil pengelolaan keuangan dan kinerja perusahaan tersebut kepada pemegang saham sebagai pemilik perusahaan. Hasil pengelolaan yang dicapai oleh manajemen tercermin dalam laporan posisi keuangan (neraca), laporan laba rugi komprehensif, dan laporan keuangan lainnya setiap periodenya. Keseluruhan laporan keuangan tersebut digunakan sebagai tolak ukur untuk mengevaluasi kinerja pengelolaan dan keuangan unit kegiatan usaha perusahaan. Laporan laba rugi kompehensif merupakan laporan yang menunjukan kemampuan perusahaan menghasilkan laba dalam rangka mengelola asset perusahaan yang ada. Dalam Standar Akuntansi Indonesia, semua akun pada akhir periode harus dilakukan penutupan (tutup buku). Secara umum proses tersebut merupakan disebut dengan jurnal penutupan atau proses tutup buku.
Proses tutup buku atau closing seharusnya secara ideal dapat dilakukan secara baik, akurat, serta tepat waktu. Hal-hat tersebut perlu dilakukan setiap bulan atau triwulanan, atau semesteran maupun akhir tahun untuk menyusun laporan keuangan serta laporan informasi keuangan lainya untuk kebutuhan pihak-pihak internal dan eksternal perusahaan. Bagaimana seharusnya melaksanakan Proses Tutup-Buku (Closing The Book) secara efektif dan efisin setiap akhir bulan, triwulanan, semesteran atak akhir tahun untuk memperoleh laporan keuangan yang akurat secara cepat dan tepat waktu. Adalah keharusan bagi fungsi akuntansi untuk setiap bulannya ataupun triwulan atau semesteran dan akhir tahun untuk menyusun laporan keuangan dan laporan – laporan lainnya yang dibutuhkan oleh pihak ketiga (eksternal) dan perusahaan (internal). Proses menyusun laporan keuangan tersebut seharusnya melalui proses closing. Berbagai hal-hal yang menjadi tantangan bagi manajemen beserta jajaran khususnya bagian keuangan adalah bagaimana melakukan proses tutup buku secara periode dan menyajikan laporan keuangan yang akurat dan tepat waktu.
Merupakan keharusan bagi fungsi akuntansi untuk setiap bulannya ataupun triwulan atau semesteran dan akhir tahun untuk menyusun laporan keuangan dan laporan – laporan lainnya yang dibutuhkan oleh pihak ketiga (eksternal) dan perusahaan (internal). Proses menyusun laporan keuangan tersebut seharusnya melalui proses closing. Berbagai hal-hal yang menjadi tantangan bagi manajemen beserta jajaran khususnya bagian keuangan adalah bagaimana melakukan proses tutup buku secara periode dan menyajikan laporan keuangan yang akurat dan tepat waktu. Pelatihan ini akan menyajikan teknik-teknik yang dapat diterapkan untuk melakukan proses tutup buku (closing) tersebut secara komprehensif dan mendetail sehingga memperoleh laporan yang tepat, akurat dengan waktu yang tidak terlalu lama (tepat waktu). Pelatihan ini akan memberikan jawaban atas hal-hal tersebut melalui penyajian teknik-teknik yang dapat diterapkan untuk melakukan proses tutup buku (closing) tersebut secara komprehensif dan mendetail sehingga memperoleh laporan yang tepat, akurat dengan waktu yang tidak terlalu lama (tepat waktu).
OBJECTIVES
Peserta diharapkan untuk dapat mengelola dan melakukan proses tutup buku secara efesien dan efektif baik pada setiap akhir bulan atau akhir tahun. Peserta akan mendapatkan tips dan teknik aplikatif dalam melakukan proses tutup buku yang akurat, cepat tepat waktu melalui pemahaman tentang teknik-teknik dalam mengefisiensikan proses closing, pengetahuan dan teknik dalam, pengetahuan bagaimana, mengidentifikasikan potensial improvement dan mengaplikasikannya secara tepat, mengevaluasi time lines dan komponenkomponen dalam proses closing serta Teknik dalam mengalokasikan resources dan membina kerja sama yang efektif dengan departement lain yang terkait.
Selain itu pasca pelatihan peserta akan memahami proses closing the book baik setiap bulan maupun proses akhir tahun dan pentingnya melakukan proses tutup buku dengan baik, akurat dan tepat waktu, Mengembangkan proses tutup buku dan kebutuhan dokumen dan pelaporan penunjang dalam proses closing, meningkatkan pemahaman tentang kebutuhan departemen untuk laporan keuangan serta kebutuhan aktifitas pendukung proses closing, laporan–laporan apa saja yang dibutuhkan, mempelajari tatacara mengetahui apakah proses closing sudah dilakukan dengan benar, menyediakan data dengan akurat dan tepat waktu guna proses tutup buku setiap bulan dan akhir tahun dan memahami proses singkat dalam memeriksa hasil closing dan meyakinkan bahwa laporan keuangan sudah baik dan benar, kebutuhan proses closing akhir tahun, bagaimana hubungan year end closing dengan Tax Planning, bagaimana membuat checklist untuk proses closing dan pembagian tugas-tugasnya, bagaimana membuat S.O.P closing, proses audit laporan keuangan,bagaimana membuat laporan – laporan akhir tahun untuk kebutuhan eksternal serta meningkatkan komunikasi dengan pihak internal dan eksternal.
COURSE OUTLINE
1. Pemahaman dan pengenalan proses tutup buku (Konsep proses tutup buku penyusunan laporan keuangan : menentukan tutup buku secara cepat)
2. Penyusunan dan perencaan waktu tutup buku secara cepat(Standard Operasi Prosedur tutup buku (closing) : komunikasi antar unit dan departemen utuk tutup buku secara tepat
3. Jenis dan langkah Aktivitas Pendukung Closing (menerapkan cara dan implementasi tutup buku secara tepat) :
4. Pemahaman penyiapan penyusunan laporan keuangan (financial reporting)
5. Pemanfaatan Informasi Keuangan dan evaluasi serta analisa proses dan kebutuhan penyusunan laporan keuanga (checklist)
6. Penyiapan dan optimalisasi laporan untuk kebutuhan: Internal (perusahaan) dan eksternal (tujuan Perpajakan, auditor,dst)
7. Prinsip akutansi yang berlaku Umum (GAAP)
8. Praktik akuntansi dan keuangan yang terbaik untuk penyusunan dan persiapan laporan keuangan perusahaan untuk seluruh fungsi dan siklus pelaporan keuangan : proses peningkatan percepatan penyusuan laporan keuangan yang berkesinambungan, manual kebijakan prosedur tutup buku serta aplikasinya.
PARTICIPANT
Manajer keuangan dan eksekutif bagian keuangan dan akuntansi, Controller, Akuntan, manajemen akuntansi, senior dan junior bagian keuangan akuntasi, Manajer Keuangan, karyawan staff, supervisor, Bagian Kontrol Keuangan, bagian internal control, internal audit, bagian kebijakan keuangan, bagian manajemen keuangan (budgeting), treasury, bagian sistem IT keunagan dan prosedur, dan professional keuangan lainnya serta peminat lainnya.
TRAINING METHOD
Pre test
Presentation
Discussion
Case Study
Post test
Evaluation
FACILITIES
Training Kit
Handout
Certificate
Lunch, 2 X Coffee Break
Souvenir
Data Materi Training | |
Topik Training | : Proses Tutup Buku (Closing) yang Efektif dan Efisien |
Link | |
*Jumlah Peserta | Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan |
*Nama Peserta Yang Didaftarkan | |
Personal Data | |
*Nama | |
*Jabatan | Jabatan/Divisi/Departement |
*Nama Perusahaan | |
*Alamat Perusahaan | |
*Email Perusahaan | |
*Email Alternatif | eg: gmail, yahoo, hotmail |
*Telepon Kantor | |
Ekstensi | |
*Handphone | |
* Harus di isi | |