Background logo website
PT MEDIA EDUTAMA INDONESIA
Provider yang Berkarakter, Unggul dan Terpercaya
Prosedur Operasional Cabang & AML pada Transaksi Home  »  Agustus 2025 Perbankan & Koperasi Yogyakarta   »   Prosedur Operasional Cabang & AML pada Transaksi

Prosedur Operasional Cabang & AML pada Transaksi

August 13, 2025

Jadwal Pelatihan Prosedur Operasional Cabang & AML pada Transaksi

TanggalTempatKota
27 - 29 Agustus 2025-Yogyakarta

DESCRIPTION

Pelatihan ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam kepada karyawan cabang mengenai standar operasional cabang dan penerapan prinsip Anti Money Laundering (AML) dalam transaksi perbankan. Fokus pelatihan mencakupn kepatuhan terhadap regulasi, identifikasi transaksi mencurigakan, serta penerapan kontrol internal yang efektif.

 

TUJUAN

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan dapat:

  • Memahami prosedur operasional standar (SOP) di unit kerja cabang
  • Mengidentifikasi dan menanggulangi risiko operasional dalam proses transaksi
  • Menjelaskan prinsip dan regulasi AML sesuai kebijakan internal dan ketentuan regulator
  • Mendeteksi dan melaporkan transaksi yang mencurigakan sesuai prosedur
  • Menerapkan kontrol yang sesuai dalam mendukung proses Know Your Customer (KYC) dan Customer Due Diligence (CDD)

 

OUTPUT PELATIHAN

  • Peserta memiliki pemahaman komprehensif tentang SOP cabang dan penerapan AML dalam transaksi.
  • Peserta mampu melakukan transaksi dengan memperhatikan prinsip kehati-hatian dan kepatuhan.
  • Peserta mampu menyusun laporan aktivitas mencurigakan (STR/CTR) dengan benar.
  • Terbentuknya budaya kepatuhan dan kesadaran risiko di lingkungan cabang.

 

MATERI

1. Pengenalan Prosedur Operasional Cabang

  • Fungsi dan peran cabang
  • Standar operasional dan pelayanan

2. Jenis-jenis Transaksi di Cabang

3. SOP Penanganan Transaksi dan Penyimpangan Operasional

  • Contoh kasus
  • Langkah pencegahan dan pelaporan

4. Dasar Hukum dan Regulasi AML

  • UU TPPU & Tindak Pidana Pendanaan Terorisme
  • Peraturan OJK/PPATK terkait AML

5. Konsep KYC dan CDD

  • Identifikasi, verifikasi, dan monitoring nasabah
  • High-risk customers & enhanced due diligence

6. Red Flags dan Indikator Transaksi Mencurigakan

  • Ciri-ciri transaksi mencurigakan
  • Pola umum penyalahgunaan layanan perbankan

7. Prosedur Pelaporan STR/CTR

8. Integrasi AML ke Operasional Cabang

9. Proses Transaksi dan Deteksi AML

  • Role play transaksi nasabah

 

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

 

FACILITY

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Break

Souvenir

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Prosedur Operasional Cabang & AML pada Transaksi
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
x