Organization Design

Jadwal Pelatihan Organization Design

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

DESCRIPTION

Sukses suatu perusahaan atau institusi, sangat bergantung pada beberapa faktor utama seperti People, Money and Aset/Equipment. People adalah merupakan aspek utama yang sangat menentukan tercapainya sasaran perusahaan. Perusahaan, baik yang memiliki ukuran kecil atau besar, harus dapat menempatkan people atau karyawannya pada satu kendaraan yang paling tepat. Kendaraan tersebut harus sesuai dengan kondisi jalan, harus sesuai dengan fungsi atau sasarannya dan harus memiliki kapasitas yang sesuai dengan tujuan perusahaan. Kendaraan memiliki peran dan kontribusi yang besar dalam meraih sukses perusahaan. Kendaraan dimaksud tersebut, dalam perusahaan adalah ‘Organisasi’.

Sangat penting untuk dapat membentuk organisasi yang efektif dan efisien. Organisasi yang tidak tepat akan sangat mempengaruhi berbagai hal seperti: Kecepatan/ Response ke stake-holder (pelanggan, mitra, vendor, pemegang saham); Organisasi yang low cost atau high cost; Fleksibilitas dalam solusi; Kemampuan Inovasi; Produktifitas kerja; Spirit kerja; Koordinasi kerja; Membangun budaya yang diharapkan; Managing Change; Potensi jumlah konflik, dlsb. Berarti, sangat penting untuk memiliki bentuk design organisasi yang tepat dan yang senantiasa dilakukan penyesuaian.

Khususnya di era yang sangat kompetitif sekarang ini, bentuk organisasi menjadi sangat variatif bergantung pada kondisi pasar. Banyak perusahaan yang selalu melakukan penyesuaian organisasi (alignment) setiap tahun. Hal ini sejalan dengan potensi pasar, sasaran dan strategi perusahaan dan situasi kompetisi. Melakukan perubahan organisasi dan design haruslah dilakukan dengan tepat. Organisasi yang tepat dan efektif akan bisa memotong biaya operasi yang besar, meningkatkan produktifitas dan spirit kerja karyawan.

 

OBJECTIVES

  • Meningkatkan perspektif dan pemahaman atas seluruh aspek penting dalam organisasi
  • Memahami efektifitas organisasi dalam mencapai sasaran perusahaan
  • Kemampuan menghubungkan antara, sasaran dan strategi perusahaan, kondisi pasar dan organisasi
  • Meningkatkan kemampuan untuk mendesign organisasi

 

COURSE OUTLINE

Peta Strategis Perusahaan

  • Visi dan Misi
  • Asesmen Kondisi Perusahaan
  • Strategi Perusahaan
  • Para Pemangku Kepentingan

Proses Bisnis

  • Penarikan Dana
  • Penggunaan Dana
  • Pengembalian Dana
  • Penghitungan Profit

Wilayah Bisnis

  • Daerah
  • Nasional
  • Regional
  • Global

Pengelompokan Proses Bisnis

  • Kemiripan Proses
  • Perbedaan Proses

Tujuan Disain Organisasi,

  • Jangka Waktu
  • Efektivitas
  • Efisiensi
  • Strategic Intent

Struktur Organisasi

  • Fungsional
  • Proyek
  • Matriks

Sifat Organisasi

  • Mekanik
  • Organik

Bangun Organisasi

  • Tinggi / Multi Level
  • Datar / Flat

Posisi / Jabatan dalam Organisasi

  • Manajerial
  • Fungsional / Profesional

Hal Terkait

  • Kebijakan
  • Standard Operating Procedure – SOP
  • Lingkungan Bisnis

Rancangan Organisasi

  • Tujuan Disain
  • Proses Bisnis, Wilayah Bisnis dan Pengelompokannya
  • Faktor Pertimbangan Strategis; Struktur, Sifat, Bangun, Posisi dan Hal Terkait
  • Pengembangan dan Pemilihan Struktur

 

TRAINING METHOD

Pre test, Presentation, Discussion, Case Study, Post test, Evaluation

 

FACILITIES

Training Kit, Handout, Certificate, 1 X Lunch, 2 X Coffee Break, Souvenir

 

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Organization Design
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi

Get in Touch

Related Articles