Tanggal | Tempat | Kota |
---|---|---|
Belum ada jadwal terbaru |
DESKRIPSI
Bagian Pembelian merupakan salah satu terpenting dalam perusahaan, karena bagian ini berhubungan langsung dengan aktivitas pembelian, penyediaan barang, dan penghematan biaya. Akan tetapi, dengan berkembangnya konsep dan aplikasi supply chain, maka fungsi Purchasing tidak lagi berfokus pada pembelian semata tetapi juga menyangkut managing supply base. Perkembangan tersebut dengan sendirinya menuntut perubahan dalam operasional Purchasing termasuk di dalamnya dalam proses negosiasi dengan supplier. Dalam berhubungan dengan vendor atau supplier inilah perjanjian dan proses negosiasi akan terjadi. Bargaining adalah bagian tak terpisahkan dari bisnis dan semuanya memerlukan teknik yang efektif apabila ingin mendapatkan hasil dan “deal” terbaik bagi perusahaan.
Negosiasi yang dimaksud di sini dapat diartikan sebagai suatu proses dinamis yang melibatkan 2 atau lebih pihak yang saling tergantung untuk merealisasikan tujuannya masing-masing. Selain keterampilan dan pengetahuan akan sistem pembelian yang baik, seorang staff Purchasing juga dituntut untuk terampil melalukan negosiasi dengan pihak supplier/vendor, agar perusahaan dapat memperoleh barang atau jasa yang tepat, dengan mutu yang sesuai dan harga yang wajar. Teknik bernegosiasi efektif dan cara berhubungan dengan para supplier perlu ditingkatkan untuk lebih mengefisiensikan biaya, dan mendapatkan supplier terbaik serta hasil pembelian terbaik.
Pada pelatihan ini para peserta akan dibekali dengan teknik negosiasi efektif tanpa mengabaikan pandangan bahwa supplier adalah salah satu mata rantai dari jalannya perusahaan dan pentingnya pembinaan hubungan yang bersifat jangka panjang. Pelatihan Negosiasi yang krusial ini akan memberikan keunggulan pada peserta, dan control ketika sedang berada di meja negosiasi. Peserta akan dibekali dengan tools yang tepat sehingga bisa memperoleh harga yang lebih rendah, delivery yang lebih cepat, kualitas yang lebih tinggi, dan pelayanan yang lebih baik. Setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta diharapkan dapat mengerti tentang proses, strategi, teknik, dan gaya dalam negosiasi pembelian, prinsip-prinsip penting dalam negosiasi serta mengukur keberhasilannya.
TUJUAN
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan memiliki kemampuan untuk:
COURSE OUTLINE
1. Prinsip Dasar Purchasing dan Tujuan Negosiasi
2. Perkembangan Metode Purchasing Modern
3. Tahapan dalam Negosiasi
4. Memahami Kepentingan Supplier dan Perusahaan
5. Komunikasi Efektif dengan Supplier
6. Strategi Negosiasi
7. Teknik dalam Negosiasi
8. Kesalahan yang Sering Dilakukan dalam Bernegosiasi
9. Memilih Supplier Terbaik
10. Melakukan Proses Pembelian Terbaik
11. Pencapaian Kesepakatan: Melakukan “Deal” Terbaik dengan Supplier
12. Mereview dan Mengukur Keberhasilan Negosiasi
13. Menutup Negosiasi dengan Hasil yang Memuaskan
14. Tips dalam Melakukan Negosiasi
15. Role Play dan Sharing Experience
TRAINING METHOD
Pre test
Presentation
Discussion
Case Study
Post test
Evaluation
FACILITIES
Training Kit
Handout
Certificate
Lunch + 2x Coffee Break
Souvenir
Data Materi Training | |
Topik Training | : Negotiation Skill for Purchasing |
Link | |
*Jumlah Peserta | Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan |
*Nama Peserta Yang Didaftarkan | |
Personal Data | |
*Nama | |
*Jabatan | Jabatan/Divisi/Departement |
*Nama Perusahaan | |
*Alamat Perusahaan | |
*Email Perusahaan | |
*Email Alternatif | eg: gmail, yahoo, hotmail |
*Telepon Kantor | |
Ekstensi | |
*Handphone | |
* Harus di isi | |