Negotiable, Communication & Sales Skill
July 14, 2023
Jadwal Pelatihan Negotiable, Communication & Sales Skill
Tanggal | Tempat | Kota | Belum ada jadwal terbaru |
DESKRIPSI
Persaingan yang semakin ketat mengharuskan setiap sales person melakukan proses penjualan dengan gigih. Mereka harus mampu mengatasi tantangan dan dinamika yang terjadi saat menjual, agar mencapai target penjualan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Karena itu, setiap sales person harus dibekali dengan kepercayaan diri, kemampuan komunikasi, perencanaan dan penetrasi yang baik dan teknik presentasi yang efektif. Seorang sales juga harus memiliki pengetahuan produk, pangsa pasar dan ketrampilan menjual yang memadai.
TUJUAN
- Mampu mensinkronkan kebutuhan konsumen dengan produk yang dijual.
- Kemampuan menentukan positioning sehingga bisa menjual up selling dan cross selling.
- Mampu mengenali karakter konsumen sehingga bisa beradaptasi dan berinteraksi dengan baik.
- Memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dalam bertanya dan mendengar.
- Mampu mengkomunikasikan sebuah produk dengan digital media.
- Mampu memahami proses penjual dan mengetahui cara bernegosiasi dengan baik.
- Mampu melakukan handling objection dan handling complaint dengan menerapakan Emotional Quotient (EQ).
- Mampu mengelola hubungan jangka panjang dengan para konsumen loyal.
MATERI
1. Fighting Spirit and Positive Attitudes of Salesman
- Seorang salesman harus memiliki pola pikir yang benar dan rasa bangga sebagai sales sehingga ia akan memiliki motivasi bekerja yang tinggi. Salesman yang handal harus memiliki sikap dan perilaku yang positif, seperti penerimaan diri (self esteem), selalu berpikir positif (optimist), dan menjaga integritas.
2. Strategic Communication and Digital Approach
- Melakukan proses menjual dan analisa umban balik terhadap konsumen dilapangan secara langsung dengan teknik persuasive communication dan digital communication approach. Memahami komunikasi pelanggan dengan respon yang diberikan. Menganalisa saluran komunikasi yang efektif saat menjual (listening, reading and questioning).
3. Sales Approach
- Memulai proses menjual dengan persiapan yang matang (sales planning). Melakukan pembukaan saat menjual dengan perkenalan dan pendekatan yang benar terhadap pelanggan sehingga menghasilkan kedekatan.
4. Sales Negotiation
- Melakukan Presentasi yang efektif dengan menunjukkan poin penting produk dengan pendekatan Future, Advantage & Benefit (FAB). Kemampuan menggali kebutuhan pelanggan. Menggembangkan teknik-teknik presentasi yang powerful.
5. Handling Objection
- Sering kali kita menghadapi calon pelanggan yang tidak setuju dengan produk yang kita jual karena perbedaan cara pandang. Dengan memahami karakter pelanggan akan memudahkan sales people dalam membangun hubungan yang baik dengan mereka. Mengenali tanda-tanda ketertarikan konsumen. Mengarahkan konsumen dengan pedekatan yang efektif sehingga terjadi closing.
6. Maintains Your Customer
- Mengelola pelanggan yang tidak puas saat proses menjual dan melayani. Tidak semua produk dan pelayanan yang kita kirimkan ke pelanggan adalah produk terbaik sehingga seorang sales harus siap menerima complaint dengan cara-cara yang elegan. Mengelola hubungan dengan pelanggan dengan membangun komunikasi dan pendekatan yang win-win.
7. Post Sales Follow up and Action Plan
- Pelanggan adalah aset yang berharga. Mengelola pelanggan yang sudah membeli produk agar selalu menjadi pelanggan yang loyal: repurcharge, reorder, and recommendition. Melakukan review terhadap aktivitas penjualan yang telah dilakukan para sales. Memberikan kegiatan dan informasi yang membuat pelanggan merasa special atau surprising.
TRAINING METHOD
Presentation
Discussion
Case Study
Evaluation
FACILITIES
Training Kit
Handout
Certificate
Lunch + 2x Coffee Break
Souvenir
Pick Up Participant (Jogja only)