Background logo website
PT MEDIA EDUTAMA INDONESIA
Provider yang Berkarakter, Unggul dan Terpercaya
Komunikasi Efektif bagi Staff Rumah Sakit Home  »  Rumah Sakit Yogyakarta   »   Komunikasi Efektif bagi Staff Rumah Sakit

Komunikasi Efektif bagi Staff Rumah Sakit

October 15, 2022

Jadwal Pelatihan Komunikasi Efektif bagi Staff Rumah Sakit

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

PENDAHULUAN

Budaya keselamatan pasien dapat dilihat berdasarkan enam sasaran keselamatan pasien yang dikeluarkan oleh Komite Akreditasi Rumah Sakit versi 2012. Enam sasaran keselamatan pasien terdapat pada standar akreditasi rumah sakit, terdiri dari ketepatan identifikasi pasien, peningkatan komunikasi yang efektif, peningkatan keamanan obat yang perlu diwaspadai (high-alert medications), kepastian tepat-lokasi, tepat-prosedur, tepat-pasien operasi, pengurangan risiko infeksi terkait pelayanan kesehatan, pengurangan risiko pasien jatuh.

Komunikasi yang buruk merupakan penyebab yang paling sering menimbulkan efek samping di semua aspek pelayanan kesehatan, sehingga menimbulkan permasalahan dalam pengidentifikasian pasien, kesalahan pengobatan dan transfusi serta alergi diabaikan, salah prosedur operasi, salah sisi bagian yang dioperasi, semua hal tersebut berpotensi terhadap terjadinya insiden keselamatan pasien dan dapat dicegah dengan meningkatkan komunikasi.

 

TUJUAN

Setelah mengikuti Program Training Komunikasi Efektif bagi Staf Rumah Sakit ini diharapkan peserta mampu:

  • Memahami kebijakan dan pedoman pemberian edukasi
  • Memberikan edukasi kesehatan pada pasien dan keluarga pasien secara efektif
  • Menghasilkan Petugas Rumah Sakit yang mampu menjadi Health Educator di Rumah Sakit dan bisa lebih memahami bagaimana cara dan proses melakukan edukasi kesehatan di Rumah Sakit
  • Setelah dilakukan edukasi kepada pasien yang dibangun dengan cara berkomunikasi yang baik diharapkan bisa memberikan arahan kepada pasien dan keluarga pasien agar mampu berpartisipasi dalam memberikan keputusan perawatan dan proses perawatan kepada pasien, sehingga dapat membantu proses penyembuhan lebih cepat dan efektif.

 

MATERI

  1. Pengantar Standar Akreditasi Rumah Sakit Tahun 2012 SKP.2/JCI IPSG.2 Terkait dengan Syarat Agar Rumah Sakit Menyusun Cara Komunikasi yang Efektif, Tepat Waktu, Akurat, Lengkap, Jelas, dan Dapat Dipahami Pasien
  2. Berbagai Kesalahan yang Sering Kali Muncul Karena Kurangnya Penerapan Komunikasi yang Efektif di Rumah Sakit
  3. Aspek-aspek Penting yang Perlu Dibangun dalam Membangun Komunikasi Efektif di Rumah Sakit
  4. Komunikasi Efektif Berdasarkan Kerangka SBAR (Situation, Background, Assessment, and Recommendation)
  5. Aplikasi dan Teknik Komunikasi yang Baik
  6. Tips dan Trik Sukses Menjadi Health Educator yang Baik di Rumah Sakit
  7. Aspek yang Harus Dibangun dalam Komunikasi Efektif
  8. Teknik Berkomunikasi yang Baik dengan Menggunakan Metode REACH (Respect, Emphaty, Audible, Clarity and Humble)
  9. Kerangka Komunikasi Efektif SBAR (Situation, Background, Assessment, and Recommendation)

 

TRAINING METHOD

Pre Test

Presentation

Discussion

Case Study

Post Test

Evaluation

 

FACILITIES

Training kit

Tas Ransel

Handout

Certificate

1x Lunch & 2x Coffee Break

Masker

Souvenir

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Komunikasi Efektif bagi Staff Rumah Sakit
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
x