Background logo website
PT MEDIA EDUTAMA INDONESIA
Provider yang Berkarakter, Unggul dan Terpercaya
Analisis Laporan Keuangan “Concept, Strategy, and Implementation” Home  »  Bandung Finance, Accounting, Tax, Treasury, Audit & Risk Management Yogyakarta   »   Analisis Laporan Keuangan “Concept, Strategy, and Implementation”

Analisis Laporan Keuangan “Concept, Strategy, and Implementation”

August 23, 2022

Jadwal Pelatihan Analisis Laporan Keuangan “Concept, Strategy, and Implementation”

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

 

DESCRIPTION

Dalam menilai hasil pencapaian/prestasi perusahaan yang terlihat pada laporan keuangan perusahaan, pimpinan perusahaan biasanya berorientasi pada laba perusahaan saja. Padahal dari laporan keuangan dapat tercermin berbagai aspek/masalah potensial yang mungkin segera harus ditanggulangi. Perusahaan dengan laba kecil namun kondisi keuangan memadai, relatif akan lebih baik dibanding perusahan dengan laba besar, namun kondisi keuangan buruk.

Analisis laporan keuangan merupakan alat informasi untuk membantu manajemen dalam mengambil keputusan. Bagi manajemen perlu, dalam rangka mengetahui efisiensi pendayagunaan sumber daya. Bagi Bankir, ini sangat penting dalam rangka pemberian kredit, baik kredit jangka pendek yang melihat likuiditas perusahaan atau jangka panjang yang menganalisa arus kas. Bagi pemilik perusahaan, analisis keuangan sangat penting untuk dapat mengetahui profitabilitas dari usahanya dan juga  mengetahui tingkat pengembalian atas investasi yang dilakukan.

pelatihan ini akan dilakukan dengan case method, sehingga para peserta diharapkan akan mendapatkan pengalaman praktis menggunakan teknik analisis laporan keuangan pada kasus yang dibahas. perhitungan kuantitatif dan statistikal akan dikerjakan dengan menggunakan bantuan software.

 

MANFAAT SETELAH MENGIKUTI PROGRAM PELATIHAN

  • Mampu membaca dan melakukan analisis terhadap laporan keuangan perusahaan sehingga dalam melakukan tugas yang menjadi tanggung jawabnya mempunyai dasar yang kuat dari sisi keuangan.
  • Memahami dalam bagaimana menganalisis, menginterpretasi, dan menggunakan laporan keuangan dengan benar.
  • Memahami fundamental dari Cash Flows, Balance Sheet, and Income Statement untuk proses pengambilan keputusan.
  • Bisa memberikan sumbangan pemikiran dari sisi keuangan perusahaan terhadap kondisi yang dihadapi perusahaan
  • Menambah kemampuan peserta untuk dapat membaca dan mengerti suatu laporan keuangan selanjutnya dapat memberi alternatif solusi management bagi perusahaan serta diharapkan pula mampu mengetahui kelemahan dan keunggulan dari kompetitor
  • Mengimplementasikan alat-alat dan teknik-teknik Analisis Laporan Keuangan.
  • Mengkonstruksikan peramalan laporan keuangan

 

MATERI

1. Peran dan manfaat analisis laporan keuangan.

  • Maksud analisis laporan keuangan.
  • Analisis performansi masa lalu.
  • Analisis proyeksi performansi.
  • Interpretasi hasil analisis.

2. Alat-alat analisis laporan keuangan.

  • Peran statistik dalam analisis laporan keuangan.
  • Ukuran Central Tendency dan Dispersi.
  • Regresi dan korelasi.
  • Studi kasus dan latihan.
  • Peragaan penggunaan software.

3. Daftar Laba/Rugi (Income Statement).

  • Komponen Income Statement.
  • Revenue analysis.
  • Expense analysis.
  • Other income and Expense analysis.
  • Studi kasus dan latihan.

4. Neraca (Balance Sheet).

  • Analysis of balance sheet accounts.
  • Analisis komparatif.
  • Studi kasus dan latihan

5. Funds Flow Statement.

  • Persiapan penyusunan funds flow statement.
  • Funds flow analysis.
  • Studi kasus dan diskusi.

6. Analisis rasio keuangan.

  • Penggunaan dan keterbatasan analisis rasio keuangan.
  • Pemilihan dan interpretasi rasio keuangan.
  • Analisis statitikal rasio keuangan.
  • Interpretive ratio analysis.
  • Studi kasus dan diskusi.

7. The Pro Forma Statement.

  • Apa yang dimaksud dengan pro forma statement.
  • Kerangka analisis.
  • Mempersiapkan pro forma statement.
  • The pro forma income statement.
  • The pro forma balance sheet.
  • Studi kasus dan diskusi

8. Cash Budget.

  • Apa yang dimaksud dengan cash budget.
  • Konstruksi cash budget.
  • Komponen komponen cash budget.
  • Identifikasi kebutuhan keuangan musiman (seasonal).

9. Teknik analisi laporan keuangan yang lain.

  • Working investment analysis.
  • Sustainable Growth.
  • Analisis sensistifitas.
  • Break-Even Analysis.

10. Studi kasus

  • Dalam  studi  kasus ini  akan  dibahas  kasus  analisis  laporan keuangan secara terpadu.

 

SIAPA YANG HARUS HADIR DALAM PELATIHAN INI

  • Para manajer atau eksekutif (keuangan/non keuangan)
  • Staff yang akan dipromosikan sebagai manajer (keuangan/non keuangan)

 

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

 

FACILITY

Training Kit

Handout

Flashdisk

Certificate

Lunch + 2 X Coffee Break

Souvenir

Pick up participants

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Analisis Laporan Keuangan “Concept, Strategy, and Implementation”
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
x