Background logo website
PT MEDIA EDUTAMA INDONESIA
Provider yang Berkarakter, Unggul dan Terpercaya
Banking Operations Management: Back-Office Governance & Digital Process Automation Home  »  Agustus 2025 Perbankan & Koperasi Yogyakarta   »   Banking Operations Management: Back-Office Governance & Digital Process Automation

Banking Operations Management: Back-Office Governance & Digital Process Automation

August 13, 2025

Jadwal Pelatihan Banking Operations Management: Back-Office Governance & Digital Process Automation

TanggalTempatKota
19 - 21 Agustus 2025-Yogyakarta

PENDAHULUAN

Pelatihan ini dirancang untuk membekali peserta dengan pemahaman menyeluruh mengenai pengelolaan operasi perbankan di area back-office, termasuk proses clearing, settlement, dan rekonsiliasi. Peserta juga akan mempelajari penerapan tata kelola yang efektif, manajemen risiko operasional, serta pemanfaatan Business Process Management (BPM) dan Robotic Process Automation (RPA) untuk meningkatkan efisiensi, akurasi, dan kepatuhan terhadap regulasi.

 

TUJUAN

  1. Memahami peran dan fungsi back-office dalam mendukung operasional bank yang efisien dan aman.
  2. Menguasai tata kelola dan standar prosedur back-office sesuai regulasi OJK dan BI.
  3. Mengidentifikasi dan mengelola risiko operasional yang timbul di area back-office.
  4. Menerapkan BPM dan RPA untuk otomasi proses bisnis perbankan.
  5. Mengembangkan strategi peningkatan kinerja dan pengendalian kualitas operasional.

 

MATERI

1. Pengantar Banking Operations Management

  • Peran dan fungsi back-office di perbankan
  • Hubungan front-office dan back-office

2. Tata Kelola Back-Office

  • Struktur organisasi dan fungsi utama
  • Kebijakan & prosedur operasional
  • Kepatuhan terhadap regulasi OJK & BI

3. Proses Utama Back-Office

  • Clearing dan settlement
  • Rekonsiliasi dan pencatatan
  • Pengelolaan dokumen dan data

4. Manajemen Risiko Operasional

  • Identifikasi risiko
  • Pengendalian internal
  • Audit dan monitoring

5. Business Process Management (BPM)

  • Prinsip BPM dalam perbankan
  • Pemodelan dan optimasi proses

6. Robotic Process Automation (RPA)

  • Konsep dan manfaat RPA
  • Studi kasus otomasi back-office

7. Strategi Efisiensi dan Inovasi

  • Integrasi teknologi digital
  • Best practices di industri perbankan

8. Studi Kasus & Diskusi

 

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

 

FACILITY

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Break

Souvenir

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Banking Operations Management: Back-Office Governance & Digital Process Automation
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
x