Background logo website
PT MEDIA EDUTAMA INDONESIA
Provider yang Berkarakter, Unggul dan Terpercaya
Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Ditempat Kerja Home  »  Bandung HSE Januari 2026   »   Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Ditempat Kerja

Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Ditempat Kerja

December 26, 2025

Jadwal Pelatihan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Ditempat Kerja

TanggalTempatKota
05 - 06 Januari 2026-Bandung

LATAR BELAKANG

SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) ditempat kerja adalah suatu sistem yang mengurusi proses penyediaan air minum bagi pekerja termasuk orang lain yang berada ditempat kerja. Penyediaan air minum ditempat kerja merupakan kewajiban perusahaan untuk menyediakan air minum yang aman dan layak untuk dikonsumsi, baik melalui pengolahan dan/atau tanpa pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung untuk diminum serta kecukupan bagi karyawan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan dan pribadinya.

Sistem penyediaan air minum (SPAM) ditempat kerja umumnya diwujudkan melalui proses DAM (Depot Air Minum) atau melalui AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) dengan tujuan menjaga kesehatan, produktivitas dan menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan aman sesuai standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Hal ini pelaksanaan menyediakan air minum diwujudkan dalam Peratauran Pemerintah No. 122 Tahun 2015 tentang sistem penyediaan air minum (SPAM), Permenkes No. 2 Tahun 2023 tentang perpelak Peraturan Pemerintah No. 66 Tahun 2014 tentang kesehatan lingkungan dan Pasal sembilan (9) ayat lima (5) huruf e Permenaker No. 5 Tahun 2018 Tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Lingkungan Kerja.

 

MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dan tujuan dari program training sistem penyediaan air minum ditempat kerja, agar:

  1. Memahami mengenai sistem penyediaan air minum ditempat kerja
  2. Mengetahui unit air baku air minum
  3. Mengetahui jenis – jenis sistem penyedian air munum ditempat kerja
  4. Mengetahui penyelenggaraan dan pengelolaan penyedian air munum ditempat kerja
  5. Mengetahui standar pelayanan minimal
  6. Mencegah dehidrasi dan menjaga fungsi tubuh agar karyawan tetap sehat.
  7. Memenuhi standar Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).
  8. Menunjukkan komitmen perusahaan terhadap kesejahteraan stafnya.

 

MATERI TRAINING

  1. Peraturan Perundang Undangan tentang SPAM ditempat kerja
  2. Pemahaman dan pengertian terkait SPAM ditempat kerja
  3. Unit air baku SPAM untuk ditempat kerja
  4. Jenis – jenis SPAM ditempat kerja
  5. Penyelenggaraan SPAM ditempat kerja
  6. Pengembangan dan pengelolaan SPAM ditempat kerja
  7. Unit pelaksana teknis penyelenggara SPAM
  8. Standar pelayanan minimal SPAM ditempat kerja
  9. Sistem pengelolaan air limbahnya

 

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

 

FACILITY

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Break

Souvenir

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Ditempat Kerja
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
x