Background logo website
PT MEDIA EDUTAMA INDONESIA
Provider yang Berkarakter, Unggul dan Terpercaya
Training Online – Supply Chain Management Home  »  Training Online Transportation, Logistic and Supply Chain   »   Training Online – Supply Chain Management

Training Online – Supply Chain Management

October 31, 2022

Jadwal Pelatihan Training Online – Supply Chain Management

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

 

DESKRIPSI

Dalam industri manufaktur, kegiatan utamanya adalah mengkonversikan berbagai bahan mentah serta bahan-bahan pendukungnya menjadi barang jadi dan mendistribusikannya kepada pelanggan. Dengan menjalankannya kegiatan tersebut, maka apa yang disebut dengan supply chain atau rantai pasokan pada dasarnya telah terbentuk. Kegiatan supply chain ini perlu dijalankan dengan efektif dan efisien sehingga diperlukan manajemen yang profesional dalam pelaksanaannya. Manajemen tersebut biasanya disebut dengan Manajemen Rantai Pasokan atau Supply Chain Management yang sering disingkat dengan singkatan SCM, yang didefinisikan sebagai serangkaian kegiatan yang meliputi koordinasi, penjadwalan dan pengendalian terhadap pengadaan, produksi, persediaan dan pengiriman produk ataupun layanan jasa kepada pelanggan yang mencakup administrasi harian, operasi, logistic dan pengolahan informasi mulai dari pelanggan hingga ke pemasok. SCM juga diartikan secara sederhana sebagai mekanisme yang menghubungkan semua pihak yang bersangkutan dan kegiatan yang terlibat dalam mengkonversikan bahan mentah menjadi barang jadi. Pihak yang bersangkutan ataupun kegiatan yang dimaksud tersebut bertanggung jawab untuk memberikan barang-barang jadi hasil produksi kepada pelanggan pada waktu dan tempat yang tepat dengan cara yang paling efisien. Jadi pada dasarnya, SCM merupakan cabang manajemen yang melibatkan pemasok, pabrik atau manufacturer, penyedia logistik dan tentunya yang paling penting adalah pelanggan.

 

TUJUAN

Isi pelatihan ini mencakup strategi pengadaan dan pengelolaan material, penanganan dan pengendalian supplier, dan pengendalian material. Dalam training ini para peserta akan mempelajari konsep dan implementasi SCM secara menyeluruh, di mana dalam setiap sesi pembahasan disertai discussion sharing dan case study berdasarkan aplikasi konsep dan best practices terkini. Sehingga setelah mengikuti training ini, para peserta diharapkan memiliki pengetahuan dan applied skills yang dapat diterapkan dalam bekerja nanti.

 

MANFAAT

Setelah mengikuti training ini, para peserta akan memiliki kemampuan untuk:

  • Memahami siklus dan proses SCM secara keseluruhan
  • Memahami siklus dan proses SCM secara part per part
  • Memahami proses komunikasi internal dan eksternal perusahaan dalam rangka memperlancar siklus SCM
  • Memahami konsep dan strategi stakeholders management sebagai bagian dari SCM yang holistik

 

OUTLINE MATERI

  1. Strategi SCM (Definisi strategi, Tujuan Supply Chain, Kesesuaian antara Strategi dengan Kebijaksanaan Taktis, SCM yang Efisien dan Responsif)
  2. Perancangan produk baru dalam kerangka SCM (time to market sebagai keunggulan bersaing, keterlambatan supplier dalam Perancangan Produk baru, Design SCM)
  3. Merancang jaringan SCM (Model-model untuk merancang SCM)
  4. Pengelolaan permintaan dan perencanaan produksi (Peramalan dan Manajemen Permintaan)
  5. Manajemen persediaan (ABC Analyst, Pareto Diagram, Mendeteksi Respons Awal)
  6. Manajemen pembelian (Tugas bagian Pembelian, Pemilihan Supplier, Menilai Kinerja Supplier)
  7. Negosiasi Pembelian
  8. Manajemen pergudangan (Pemilihan Lokasi Gudang, Jenis-jenis Gudang, Pembuatan Lay Out Gudang)
  9. Manajemen transportasi dan distribusi (Fungsi-fungsi Manajemen Transportasi, Perhitungan biaya Transportasi, Rute dan Jadwal, Perawatan Sarana Transportasi, Cross Docking)
  10. Mengukur kinerja SCM (Sistem Pengukuran Kinerja, Konsep SCOR)
  11. Corporate Communications
Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Training Online – Supply Chain Management
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
x