Background logo website
PT MEDIA EDUTAMA INDONESIA
Provider yang Berkarakter, Unggul dan Terpercaya
Training Online – Quality Control and Quality Assurance Management Home  »  April 2024 Desember 2023 Februari 2024 Januari 2024 Maret 2024 Quality, Efficiency and Productivity Training Online   »   Training Online – Quality Control and Quality Assurance Management

Training Online – Quality Control and Quality Assurance Management

April 2, 2024

Jadwal Pelatihan Training Online – Quality Control and Quality Assurance Management

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

DESKRIPSI

Salah satu faktor yang sangat penting dalam persaingan pasar adalah kualitas suatu produk maupun layanan. Kualitas sering dijadikan sebagai suatu tolok ukur dan pembeda untuk suatu produk dan layanan antara satu produsen dengan produsen lainnya. Oleh karena itu, semua produsen dan penyedia layanan selalu mencari cara untuk meningkatkan kualitas produk ataupun kualitas layanannya. Untuk menjaga dan meningkatkan kualitas, perusahaan manufaktur (produsen) umumnya akan menggunakan dua teknik yaitu teknik pengendalian kualitas (Quality Control) dan teknik penjaminan kualitas (Quality Assurance). Kedua teknik tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa produk akhir atau layanan memenuhi persyaratan dan standar kualitas yang ditetapkan.

Peran dari Departemen QA/QC merupakan kunci dari keberhasilan sebuah sistem kualitas yang dibangun oleh sebuah perusahaan. Banyak perusahaan yang menganggap bahwa meskipun proses produksi telah cukup mumpuni dalam menghasilkan produk yang berkualitas, namun kebutuhan akan karyawan dibidang kualitas tetap tidak bisa ditiadakan. Karena Departemen Kualitas (apakah QC atau QA), diperlukan untuk memastikan produk yang dikirim ke pelanggan sesuai dengan peryaratan yang ditetapkan. Maka tidak heran, proses pengedalian kualitas oleh Departemen Kualitas, dimulai sejak kedatangan material (Incoming Quality Control), pengendalian kualitas dalam proses produksi, pengendalian kualitas produk sebelum di kirim ke pelanggan, pengendalian jasa technical service, dll.

 

TUJUAN

Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan mampu:

  • Memahami dan mampu menerapkan konsep dan prinsip Internal Quality Control di Perusahaan dan melakukan pengendalian Incoming Quality Control
  • Mampu melakukan pengendalian Line Process Quality Control
  • Mampu melakukan pengendalian Outgoing Quality Control
  • Mampu melakukan pengendalian Reliability Quality Assurance
  • Mampu menerapkan secara praktik teknik pengendalian kualitas
  • Mampu membangun Quality Manual, Quality Standard, dan Quality Control Plan

 

OUTLINE MATERI

1. Peran Quality Control dan Quality Assurance dalam Perusahaan

2. Quality Planning: Quality by Design & Taguchi Method

3. Quality Control:

  • Proses Quality Control
  • Menentukan Metoda Pengontrolan
  • Sampling Inspection

4. Statistical Process Control

  • Konsep Variasi: Common cause Variation dan Special Cause Variation
  • Langkah-langkah Pengendalian Proses
  • Identifikasi Parameter Proses
  • SPC Tools (Teknik Statistic untuk Pengendalian Proses): Variable Control Chart dan Attribute Control Chart
  • Process Capability Analysis

5. Quality Management System and Quality Asurance: ISO 9001:2008

6. Quality Improvement Program

7. Alat dalam Quality Control Circle/GKM

  • 7 QC Tools; Fishbone Diagram, Run Chart, Control Chart, Brainstorming, Histogram, Stratifikasi, Pareto
  • Siklus DMAIC dalam Peningkatan Kinerja Mutu
Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Training Online – Quality Control and Quality Assurance Management
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
x