Background logo website
PT MEDIA EDUTAMA INDONESIA
Provider yang Berkarakter, Unggul dan Terpercaya
Public Relations and Corporate Communication Home  »  Communication, Sales & Marketing Corporate Communications Public Relations Yogyakarta   »   Public Relations and Corporate Communication

Public Relations and Corporate Communication

October 3, 2022

Jadwal Pelatihan Public Relations and Corporate Communication

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

 

DESKRIPSI

Public Relations dan Corporate Communication merupakan bagian-bagian yang saling berhubungan karena kuncinya adalah komunikasi yang baik terutama pelayanan bagi pihak eksternal perusahaan. Oleh karena itu, harus diperhatikan mekanisme penyampaian informasi dan pengenalan media apa saja yang dapat digunakan secara efektif sehingga dapat membangun citra perusahaan di mata stakeholder. PR (Public Relation) menjadi syarat utama bagi perusahaan yang harus dimiliki karena PR merupakan gerbang pertama dalam peranan Corporate Communication di dalam sebuah instansi atau perusahaan.

Keberadaan PR tidak dapat dipisahkan dari aspek komunikasi lainnya seperti pemasaran, promosi, iklan dan penjualan. Begitu pentingnya posisi PR ini, maka setiap perusahaan/organisasi, apapun bentuk perusahaan/organisasi tersebut mutlak harus mempunyai bagian PR untuk dapat mem-publish (melakukan publisitas) mengenai perusahaan/organisasi tersebut, agar masyarakat/public mengetahui eksistensi sebuah perusahaan/organisasi, “siapa”, “bagaimana”, dan keberadaan serta produk-produk apa saja yang dihasilkan dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Untuk itu, diperlukan orang yang memiliki pengetahuan, pemahaman dan kemampuan untuk mampu menjalankan tugas kehumasan dengan baik sesuai dengan prinsip dan standar kehumasan, dan menjalin relasi yang baik untuk membentuk citra baik sebuah perusahaan di mata masyarakat dan kolega.

 

TUJUAN

Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta dapat:

  • Meningkatkan pemahaman bahwa Public Relations dan Corporate Communication adalah bagian krusial yang saling berhubungan satu sama lain dan sangat penting bagi perusahaan
  • Memahami tentang peran komunikasi perusahaan, mekanisme dalam penyampaian informasi dan berbagai aktivitas untuk menjalin komunikasi dengan colega/klien serta troubleshooting dalam Corporate Cmmunication
  • Mampu menyusun program PR yang efektif sesuai kebutuhan komunitas dan publik terkait
  • Mampu mengkomunikasikan berbagai ide, melaksanakan rancangan program kepada berbagai kelompok masyarakat sasaran organisasi, dan menarik simpati untuk mendapatkan pengertian, pengakuan, dan dukungan publik.

 

MATERI 

1. Konsep Komunikasi Perusahaan (Corporate Communication)

  • Konsep Komunikasi dan Pelayanan prima
  • Peran dan Manfaat Komunikasi bagi Perusahaan
  • Karakter Pelayanan Perusahaan

2. Perencanaan Komunikasi Perusahaan

3. Jenis Model Komunikasi

4. Peranan Public Relations dalam Perusahaan/Organisasi

  • Fungsi dan Peranan PR
  • Manfaat PR
  • Kedudukan PR dalam Organisasi

5. Dasar-dasar dan Strategi Efektif PR

  • Memahami Opini Publik
  • Teknik menyusun Program PR yang Efektif Sesuai dengan Kebutuhan Komunitas dan Publik terkait

6. Perencanaan Kerja PR

  • Proses Kegiatan PR
  • Langkah-langkah Kegiatan
  • Hambatan-hambatan

7. Manajemen krisis

  • Apa itu Krisis
  • Katagori Krisis dan Bentuknya
  • Manajemen Krisis dan Citra Perusahaan/Organisasi
  • Penanggulangan Krisis
  • Masa dan Setelah Krisis

8. Corporate Image Identity

  • Membentuk Opini Public
  • Sifat dari Opini Publik
  • Membentuk Citra Perusahaan/Lembaga/Institusi

9. Identifikasi Audience Expetation/Stakeholder

10. PR dan Marketing Service

  • Prinsip-prinsip Dasar
  • Marketing Development Strategy
  • Marketing Communication Strategy

11. Customer Behavior

  • Menentukan Target Audience
  • Karakteristik Konsumen
  • Elemen Dasar dari Proses Conditioning

12. Mekanisme Penyampaian Informasi kepada Publik dan Stakeholder

13. Teknik Mengatasi miscommunication dan Krisis Komunikasi dengan Stakeholder

14. Studi kasus

 

METODE PELATIHAN

Pre test

Presentation

Discussion

Case Study

Post test

Evaluation

 

FASILITAS

Training Kit

Hand out

Certificate

Lunch + 2x Coffee Break

Souvenir

Pick Up Participants (Yogyakarta Only)

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Public Relations and Corporate Communication
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
x