Background logo website
PT MEDIA EDUTAMA INDONESIA
Provider yang Berkarakter, Unggul dan Terpercaya
Proses Penagihan Home  »  Finance, Accounting, Tax, Treasury, Audit & Risk Management Legal, Corporate Law and Responsibility Yogyakarta   »   Proses Penagihan

Proses Penagihan

June 20, 2016

Jadwal Pelatihan Proses Penagihan

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

 

DESCRIPTION

Sebagai mana kita ketahui bahwa peningkatan profit margin perusahaan disamping ditentukan oleh tercapainya target penjualan, juga dipengaruhi oleh besarnya idle piutang dan idle inventory. Mungkin saja terjadi, perusahaan memperoleh keuntungan namun Cash Flow ( Arus Cash ) Negatif, karena terjadinya idle di inventory dan utamanya di piutang karena adanya kebijakan dari perusahaan yang melakukan penjualan secara kredit dan pembayaran nya menunggak dan tidak sesuai dengan jangka waktu kredit yang diberikan oleh perusahaan selaku produsen .  Saat ini banyak perusahaan menaruh perhatian yang besar terhadap permasalahan penjualan credit dan collection, karena apabila tidak dikelola secara profesional akan menimbulkan dampak,  perusahaan kekurangan arus kas ( Cash Flow ) . Oleh karean itu Perusahaan dituntut untuk mampu menganalisa ratio piutang agar selalu dalam posisi tolok ukur ideal yang ditetapkan dan apabila terjadi penyimpangan dari standard yang ditetapkan agar segera dilakukakn penangannan yang profesional.

 

MANFAAT PESERTA

  • Menahami ratio piutang yang sehat
  • Memahami teknik pengendalian piutang untuk meningkatkan profit perusahaan
  • Memahami teknik pengelolaan dan penanganan piutang yang bermasalah
  • Memahami teknik monitoring, reporting dan penagihan piutang
  • Memahami Tipologi Customer berdasarkan visual, anditori dan kinestetis
  • Memahami cara melakukan penagihan berdasarkan tipologi customer 

 

OUTLINE

Introduction Management Piutang & Penagihan

  • Ratio piutang yang sehat
  • Fungsi piutang dalam meningkatkan profit
  • Pengelolaan dan pengendalian piutang
  • Definisi dan tujuan penagihan
  • Alat dan proses pebagihan

Latar Belakang Timbulnya Piutang Bermasalah

Peran Kolektor Dalam Penagihan

  • Peran dan fungsi kolektor
  • Tipologi customer berdasarkan visual, anditori dan kinestetis
  • Cara melakukan penagihan berdasarkan tipologi customer
  • Role play dan study kasus

Penanganan Piutang Bermasalah Dan Strategi Penanganannya.

Alternatif-Alternatif Penanganan Piutang Bermasalah

Perhitungan Target Penagihan (  Awal, Berjalan &  Koreksi )

  • Penentuan matrik penagihan ( berdasarkan area )
  • Teknik monitoring, reporting piutang & penagihan

Analisis  Effectivitas Penagihan

  • Analisis pencapaian target penagihan
  • Analisis pengelolaan piutang bermasalah 

 

TRAINING METHODE

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation 

 

FACILITY

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2 X Coffee Break

Souvenir

 

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Proses Penagihan
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
x