Powerful Database Analysis and Dashboard Reporting With Excel 2010
July 16, 2018
Jadwal Pelatihan Powerful Database Analysis and Dashboard Reporting With Excel 2010
Tanggal | Tempat | Kota | Belum ada jadwal terbaru |
INTRODUCTION
Proses menganalisa data dan membuat dashboard summary report dari file text hasil import aplikasi besar, seperti SAP/ERP, masih sering dilakukan dalam proses yang lama, memakan waktu berjam-jam, bahkan berhari-hari meskipun sudah menggunakan aplikasi Microsoft Excel 2010.
Hal tersebut dapat terjadi karena pada umumnya karyawan belum memahami cara pembuatan dan penyusunan meta data yang baik juga masih menggunakan aplikasi Ms.Excel dengan metode yang biasa-biasa saja bahkan sering menggunakan fungsi-fungsi yang itu-itu saja.
Padahal apabila dilakukan dengan metode yang canggih, yang sebenarnya sudah disediakan dalam Excel 2010 serta dengan penggunaan fungsi-fungsi terbarunya, pekerjaan pengolahan data, validasi data, analisa data dan reporting data tersebut akan dapat cepat diselesaikan meskipun jumlah datanya lebih dari 100.000 (seratus ribu) record dan tentunya sesuai dengan yang diminta oleh pimpinan karyawan tersebut.
Apalagi hasil tersebut dibuatkan ke dalam format dashboard summary report yang interaktif, dinamis dan menarik untuk keperluan analisa database lebih lanjut. Excel 2010 juga ternyata memiliki fitur canggih, yang dalam kondisi defaultnya tidak dimunculkan, yaitu solver analysis tool pack. Dengan menggunakan tool Data Solver Analysis ini, Anda dapat membuat simulasi Budgeting Analysis dengan cepat dan mudah serta hasil akurasi yang tinggi.
Dengan sejumlah fungsi validasi dan analisa database yang sudah ada, Anda tidak perlu lagi direpotkan membangun aplikasi program database analysis dan summary reporting dengan bahasa progam tertentu yang tentunya membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit, karena semua hal tersebut di atas dapat dikerjakan dengan Excel 2010 secara cepat, tepat dan mudah.
OBJECTIVE
Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu untuk :
- Membaca dan memasukkan berbagai macam data : text file dan database yang lain yang jumlah record lebih dari 100.000 record ke dalam Excel 2010
- Memaksimalkan penggunaan fungsi atau metode pengolahan dan validasi data yang ada dalam aplikasi Microsoft Excel, agar pekerjaan pengolahan data menjadi jauh lebih cepat dan hasilnya lebih tepat
- Membuat proses rekapitulasi data pada sejumlah sheet dengan cepat, mudah dan interaktif
- Membuat laporan yang menarik baik dalam bentuk summary table report dengan metode interaktif
- Menampilkan informasi data yang dibutuhkan secara tepat dan dalam waktu yang singkat, berdasarkan sejumlah criteria data yang diinginkan dengan cara yang mudah
- Mampu membuat summary report dengan tampilan graphic yang informasi datanya data ditampilkan secara interaktif dengan tombol panel graphic slicer method
- Membuat dan mendisain small graphic di dalam sebuah alamat sel dengan cepat dan mudah
- Penggunaan optimasi filter pada kolom database berdasarkan text, number dan color (lebih cepat dari 2007)
- Membuat otomatisasi penampilan sejumlah data sekaligus berdasarkan pemilihan nilai pada tombol object combo box atau drop down pada sheet yang aktif
- Memanfaatkan fungsi-fungsi Excel untuk berbagai macam kebutuhan analisa database
- Mengaktifkan solver analysis tool pack dalam tab menu
- Menggunakan tool analisa database yang ada pada data analysis tool pack untuk kebutuhan analisa database yang cukup kompleks
- Menggunakan tool database analysis solver yang ada pada solver analysis tool pack
- Membuat rumus penting untuk pengolahan data tidak terlihat di lembar kerja yang aktif dan tidak dapat diedit oleh user lain, kecuali oleh Anda
MATERI
- Step by Step Operation for External Data Converting Process to Excel Database
- Created and Design Worksheet With Using Sparklines Object
- How Using Auto Filter with Union Field Key and Custom Filter
- Optimization Filtering Column in Database
- How Make Advance Filter (Criteria and Output Data Query)
- How Make and Using Consolidate Methods
- Removing Duplicate Rows
- Using the Excel Built-In Data Entry Form
- Creating a Drop-Down List in a Cell
- How Make Ranking Values
- Performing a LOOKUP Function.
- How Using Operational Table with ADVANCE LOOKUP Function
- How Make and Using Pivot Table Optimization
- Created and Design Worksheet Report With Using Pivot Table
- How Make and Using Pivot Chart Optimization with Slicers Panel
- Created and Design Cells Graphic With Using Spark Lines
- How Make and Using Data Validation
- How Make and Using Data Validation Automation With Table Function
- How Make and Using Data Table Method for One Cell Input and Two Cell Input
- How Make and Using data Analysis Method (What If Analysis)
- How Make and Using Analysis Function
- How Make Active and Using Solver Analysis Tool Pack
- How Using of Format Cells for Locked and Hidden Cells
- How Using of Using Allow Users to Edit Range (Permission User Access Setting)
- How Using of Protect Sheet (Select Locked Cells and Select Unlocked Cells)
- Case Study Implementation
AUDIENCE TARGET
Staff dan Leader yang sering menggunakan aplikasi Ms. Excel (Intermediate level)
TRAINING METHOD
Presentation
Discussion
Case Study
Evaluation
FACILITY
Training Kit
Handout
Certificate
Lunch + 2x Coffee Break
Souvenir
Pick Up Participants (Yogyakarta)