Penerapan Fungsi Kepatuhan dan Budaya Kepatuhan
May 3, 2024
Jadwal Pelatihan Penerapan Fungsi Kepatuhan dan Budaya Kepatuhan
Tanggal | Tempat | Kota | Belum ada jadwal terbaru |
DESCRIPTION
Bank sebagai lembaga yang highly regulated wajib memastikan seluruh regulasi, baik yang diterbitkan OJK maupun BI dapat dijalankan dengan benar, mengedepankan fungsi preventif dan memiliki target kinerja yang terukur. Idealnya, divisi/unit ini terdiri dari individu-individu yang menguasai dan memahami seluk beluk regulasi, baik dalam tata cara penanganannya maupun mengantisipasinya sehingga dengan potensi sanksi/pinalti/denda yang ditetapkan dalam aturan tersebut. Seluruh potensi risiko tersebut dapat dikendalikan jika proses pemahaman dan sosialisasi berjalan sebagaimana mestinya.
OBJECTIVES
- Memperoleh masukan (perbaikan) untuk penyempurnaan SOP Kepatuhan
- Mencegah terjadinya kegagalan/kelalaian bank memenuhi regulasi yang berlaku
- Secara strategis mampu melakukan pemetaan (pembentukan kelompok) regulasi (BI dan OJK) yang memiliki dampak tertentu, khususnya yang berdampak signifikan secara finansial (denda) sampai dengan yang bersifat normatif
- Peserta dapat melakukan pengawasan yang stratejik, yaitu melalui profiling karakter regulasi, dimulai dari yang sangat sederhana sampai dengan mengandung unsur self assessment
COURSE OUTLINE
1. Esensi Fungsi Kepatuhan dan Manfaat Terbentuknya
2. Pemetaan Regulasi Berdasarkan Risiko dan Urgensinya :
- Kategori Regulasi : Penting dan Mendesak
Bank wajib memahami secara utuh dan mendalam regulasi yang tergolong dalam kategori ini, baik bentuk implementasi, laporan dan sanksinya, selain itu harus mampu disosialisasikan dengan sempurna kepada para pihak terkait. Regulasi ini wajib dipantau secara rutin (setiap hari/minggu/bulan) guna mencegah kegagalan implementasinya.
- Kategori Regulasi : Penting dan Tidak Mendesak
Bank wajib memahami secara utuh dan mendalam regulasi yang tergolong dalam kategori ini, tetapi memiliki ruang waktu dan ruang implementasi yang relatif masih leluasa sehingga dapat direncanakan lebih berhati-hati dan disesuaikan dengan jadwal unit/divisi terkait. Review implementasi regulasi dapat dilakukan setiap bulan/triwulan/semester
- Kategori Regulasi : Kurang Penting dan Mendesak
Kategori ini memberikan informasi regulasi yang mendesak untuk dilaksanakan tetapi memiliki dampak yang relatif tidak signifikan, baik bagi kesehatan bank dan besaran risiko/sanksinya.
- Kategori Regulasi : Tidak Penting dan Tidak Mendesak
Kategori ini relatif berbeda-beda untuk setiap bank, sangat ditentukan dengan syarat tertentu yang harus dipenuhinya, misalnya sesuai dengan kelompok BUKU bank, jenis (kepemilikan) dan faktor-faktor lainnya sehingga regulasi pada kelompok ini dapat saja diabaikan (sekedar untuk diketahui).
3. Analisa Struktur Prosedur Kerja (SOP) dalam Divisi Kepatuhan :
- Kerangka (outline) yang wajib dipenuhi
- Sub/Bagian yang wajib diperhatikan agar konsisten disempurnakan
- Contoh Draft SOP Kepatuhan
4. Alat Ukur Kinerja Divisi Kepatuhan dan Cara Sederhana Pengukurannya
TRAINING METHODS
Pre test
Presentation
Discussion
Case Study
Post test
Evaluation
FACILITIES
Training Kit
Handout
Certificate
Lunch + 2x Coffee Break
Souvenir
Pick Up Participant (Yogyakarta)