Tanggal | Tempat | Kota |
---|---|---|
Belum ada jadwal terbaru |
DESCRIPTION
Kebutuhan akan transaksi perbankan dewasa ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan seiring aktivitas dunia usaha yang semakin ketat dan kompetitif. Dalam hal ini keunggulan teknologi berperan penting dalam semakin tingginya aktivitas yang melibatkan perbankan. Dengan teknologi pula, nasabah semakin mendapat kemudahan dalam melakukan kegiatan transaksi kapanpun dan dimanapun yang pada akhirnya berorientasi pada kepuasan pelanggan/nasabah.
Teknologi di dunia perbankan, Electronic Banking atauE-Banking bisa diartikan sebagai aktifitas perbankan melalui media internet. Layanan ini memungkinkan nasabah sebuah bank dapat melakukan hampir semua jenis transaksi perbankan melalui sarana internet, khususnya via website. Lewat sarana internet seorang nasabah dapat melakukan pengecekan rekening, transfer dana antar rekening, hingga pembayaran tagihan-tagihan rutin bulanan (listrik, telepon, dsb.) melalui rekening banknya. Selain melalui sarana internet, pemanfaatan mesin ATM merupakan salah satu sarana pelayanan yang memudahkan nasabah dalam kegiatan transaksi perbankan untuk pembayaran E-Banking. Seiring dengan persaingan yang semakin ketat antar bank yang satu dengan yang lain, kualitas pelayanan yang tinggi termasuk di dalamnya pelayanan ATM, merupakan sebuah tuntutan.
Persaingan usaha dunia perbankan di Indonesia dalam menjaring nasabah sebayak-banyaknya berdampak pada semakin tingginya tuntutan pelayanan yang harus disediakan oleh bank. Dengan jumlah bank dan kantor cabang yang cukup banyak dan produk yang ditawarkan bank beragam, kualitas pelayanan memang masih ampuh bagi bank untuk mempertahankan nasabah atau mendapatkan nasabah baru. Kualitas pelayanan sangat penting dalam bisnis perbankan. Bank-bank semakin bersaing dalam merebut customer based dengan mengandalkan kualitas pelayanan. Selain menawarkan berbagai macam produk, perbaikan di sisi teknologi informasi juga dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Semua itu disiapkan untuk memenuhi kebutuhan nasabah dan akhirnya diharapkan mampu menjaring dana masyarakat.
Salah satu sarana pelayanan yang memudahkan nasabah dalam kegiatan transaksi perbankan adalah fasilitas mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) yang disediakan bank bagi nasabah. Seiring dengan persaingan yang semakin ketat antar bank yang satu dengan yang lain, kualitas pelayanan yang tinggi termasuk di dalamnya pelayanan ATM, merupakan sebuah tuntutan. Pelatihan optimalisasi ATM ini membahas berbagai kelebihan mesin ATM sebagai sarana memberikan keleluasaan bertransaksi pada para nasabah.
TUJUAN
Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta dapat lebih memahami tentang bagaimana pemanfaatan teknologi E-Banking sebagai teknologi informasi dalam dunia bisnis disesuaikan dengan regulasi pemerintah. Peserta akan semakin memahami fitur-fitur yang ada dalam ATM dan Mesin EDC, sistem analisis dan monitoringnya. Selain itu, dengan studi kasus perbankan peserta juga akan mengetahui jenis masalah-masalah yang muncul dalam penyalahgunaan E-Banking serta langkah-langkah yang benar dalam mengatasi fraud dan costumer complain.
MATERI
1. Pengantar Teknologi Perbankan
2. Pengembangan Teknologi Informasi Dunia Perbankan
3. Regulasi Bank Indonesia & Otoritas Jasa Keuangan Terkait dengan Transaksi Elektronik Perbankan
4. Aplikasi Teknologi Informasi Dunia Bisnis
5. Infrastuktur Sofware, Hardware dan Jaringan
6. Keuntungan Menggunakan Teknologi Pembayaran E-Banking
7. Jenis Mesin ATM dan Kartu ATM
8. Fitur Transaksi ATM
9. Sistem Analisis Program (Operator, User, Bank)
10. Sistem AMS (ATM-Monitoring System)
11. Pengenalan Type dan Spesifikasi Mesin EDC
12. Prosedur Pengajuan Mesin EDC oleh Pengusaha
13. Mekanisme Penggunaan Mesin EDC
14. Fitur Transaksi Mesin EDC
15. Perintah Bayar (Settlement)
16. Fasilitas yang Diberikan Bank Penerbit Kartu
17. Sistem Keamanan Data Transaksi
18. Penyalahgunaan yang Sering Terjadi dalam Teknologi Pembayaran E-Banking
19. Prinsip Perlindungan Nasabah
20. Studi Kasus Fraud dalam Perbankan, Bagaimana Menghindari Kejahatan dan Kecurangan dalam Transaksi serta Hak-hak Bank dalam Menanganinya
TRAINING METHOD
Presentation
Discussion
Case Study
Evaluation
FACILITY
Training Kit
Handout
Certificate
Lunch + 2x Coffee Break
Souvenir
Pick Up Participant (Yogyakarta)
Data Materi Training | |
Topik Training | : Optimalisasi Fitur Elektronik Perbankan: Regulasi dan Studi Kasusnya |
Link | |
*Jumlah Peserta | Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan |
*Nama Peserta Yang Didaftarkan | |
Personal Data | |
*Nama | |
*Jabatan | Jabatan/Divisi/Departement |
*Nama Perusahaan | |
*Alamat Perusahaan | |
*Email Perusahaan | |
*Email Alternatif | eg: gmail, yahoo, hotmail |
*Telepon Kantor | |
Ekstensi | |
*Handphone | |
* Harus di isi | |