Background logo website
PT MEDIA EDUTAMA INDONESIA
Provider yang Berkarakter, Unggul dan Terpercaya
Navigasi Standar Baru ISO 9001:2026 Panduan Penerapan Home  »  Bandung ISO & Standardization Januari 2026   »   Navigasi Standar Baru ISO 9001:2026 Panduan Penerapan

Navigasi Standar Baru ISO 9001:2026 Panduan Penerapan

December 26, 2025

Jadwal Pelatihan Navigasi Standar Baru ISO 9001:2026 Panduan Penerapan

TanggalTempatKota
06 - 07 Januari 2026-Bandung

DESKRPSI

Perubahan iklim dan keberlanjutan kini secara eksplisit menjadi bagian dari konteks organisasi ISO 9001:2026. Sistem manajemen mutu Anda perlu mencerminkan prioritas ini, membantu Anda memenuhi harapan pemangku kepentingan, menunjukkan keselarasan ESG, dan tetap kompetitif di pasar yang didorong oleh keberlanjutan.

  1. Bagaimana ISO mendefinisikan kualitas?

Definisi kualitas merupakan bagian dari kosakata inti untuk manajemen kualitas. Definisi ini terdapat dalam ISO 9000:2015 dan berlaku untuk semua standar manajemen kualitas ISO, termasuk ISO 9001. Kualitas didefinisikan sebagai “tingkat di mana serangkaian karakteristik inheren (atau ciri pembeda) suatu objek memenuhi persyaratan.” Objek di sini didefinisikan sebagai segala sesuatu yang dapat dirasakan atau dibayangkan, seperti produk, layanan, proses, orang, organisasi, sistem, atau sumber daya.

  1. Apa itu ISO 9001?

ISO 9001 adalah standar manajemen kualitas terkemuka di dunia. Standar ini mendefinisikan bagaimana setiap organisasi dapat membangun, menerapkan, memelihara, dan terus meningkatkan sistem manajemen kualitas (QMS). Menerapkan standar ini membantu Anda meningkatkan QMS dan kinerja, memenuhi persyaratan pelanggan dan hukum serta peraturan yang berlaku, dan menunjukkan komitmen terhadap kualitas. ISO 9001 menunjukkan bahwa Anda memiliki proses yang efektif, staf yang terlatih, dan menghasilkan produk atau layanan yang sempurna. Badan sertifikasi, seperti SGS, dan pihak ketiga lainnya juga menggunakannya untuk menilai kepatuhan ISO 9001.

  1. Mengapa ISO 9001 penting?

Dengan lebih dari satu juta sertifikat yang dikeluarkan di hampir 190 negara, ISO 9001 adalah standar Sistem Manajemen Mutu (QMS) yang paling banyak diadopsi secara global. Standar ini merupakan bagian dari keluarga ISO 9000, yang menguraikan tujuh prinsip manajemen mutu, termasuk fokus yang kuat pada pelanggan dan peningkatan berkelanjutan. ISO 9001 adalah satu-satunya standar yang dapat disertifikasi dalam keluarga tersebut, meskipun sertifikasi tidak wajib.

 

MATERI TRAINING:

  1. Project Management untuk Panduan Penerapan ISO 9001:2026.
  2. Coaching secara efektif untuk pemenuhan persyaratan tiap pasal dalam Penerapan ISO 9001:2026.
  3. Self Assesment kesiapan dari Organisasi peserta Pelatihan.

 

OBJECTIVES:

Setelah menyelesaikan pelatihan ini, peserta akan dapat Berbagai manfaatnya meliputi:

  1. Peningkatan kualitas produk/layanan dan kepercayaan pelanggan: proses pengendalian mutu yang kuat menghasilkan peningkatan kepercayaan dan kepuasan pelanggan, serta kepatuhan terhadap peraturan.
  2. Penyelesaian keluhan yang efektif: menyelesaikan keluhan pelanggan secara efisien, berkontribusi pada pemecahan masalah yang tepat waktu dan memuaskan.
  3. Peningkatan proses: mengidentifikasi dan menghilangkan inefisiensi, mengurangi pemborosan, merampingkan operasi, dan mendorong pengambilan keputusan yang tepat, menciptakan penghematan biaya dan hasil yang lebih baik.
  4. Manajemen risiko: proses sistematis membantu Anda mengidentifikasi dan mengurangi risiko untuk stabilitas.
  5. Keterlibatan karyawan: peran dan tanggung jawab yang jelas meningkatkan moral dan keterlibatan.
  6. Optimalisasi berkelanjutan: audit dan tinjauan berkala memungkinkan Anda untuk terus menyempurnakan Sistem Manajemen Mutu (QMS) Anda, tetap kompetitif, dan mencapai kesuksesan jangka panjang.
  7. Berkontribusi pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB (SDGs) dan Persyaratan Pemerintah

 

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

 

FACILITY

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Break

Souvenir

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Navigasi Standar Baru ISO 9001:2026 Panduan Penerapan
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
x