Background logo website
PT MEDIA EDUTAMA INDONESIA
Provider yang Berkarakter, Unggul dan Terpercaya
Manajemen Piutang dan Strategi Penagihan (Debt Collecting) Home  »  Bandung Credit and Collection Juli 2024 Oktober 2024 Perbankan & Koperasi September 2024 Yogyakarta   »   Manajemen Piutang dan Strategi Penagihan (Debt Collecting)

Manajemen Piutang dan Strategi Penagihan (Debt Collecting)

September 25, 2024

Jadwal Pelatihan Manajemen Piutang dan Strategi Penagihan (Debt Collecting)

TanggalTempatKota
15 - 16 Oktober 2024-Bandung
24 - 25 September 2024-Bandung
11 - 12 September 2024-Bandung
25 - 26 Juli 2024-Bandung

DESKRIPSI 

Mengelola piutang tidak pernah menjadi pekerjaan mudah. Perusahaan menerapkan praktik terbaik dalam operasi rekening piutang untuk menghasilkan hasil bottom-line. Kredit, piutang, dan fungsi koleksi telah berubah secara radikal selama beberapa tahun terakhir, dan perubahan ini kemungkinan akan terus berlanjut di masa mendatang.

Training ini bertujuan untuk membekali peserta pemahaman dalam pengelolaan dan penyusunan laporan akun hutang dan akun piutang yang informatif bagi manajemen. Sehingga informasi itu akan menjadi panduan yang valid terhadap keputusan manajemen yang akan dieksekusi.

 

MATERI

1. Manajemen Piutang

  • Konsep Piutang dan Hutang (Dagang dan Non Dagang): PSAK dan IFRS
  • Perubahan paradigma dalam proses piutang dan hutang: fungsi administrative menjadi strategis
  • Pemanfaatan teknologi informasi dan pengelolaan piutang dan hutang
  • Treatment uang muka dalam transaksi dan pelaporan Akun Piutang dan Akun Hutang
  • Penyusunan laporan-laporan dalam Akun Piutang dan Akun Hutang, serta pengaruhnya dalam keputusan manajemen
  • Aspek pajak dalam Akun Hutang
  • Manajemen & analisa kebijakan kredit
  • Pendekatan pola pembayaran pembiayaan jangka pendek
  • Pengelolaan Piutang untuk menaikkan pendapatan
  • Surat Penagihan
  • Surat Peringatan

2. Collection Strategi

  • Goals, Strategy dan Proses
  • Keterkaitan antara strategi penjualan dan penagihan
  • Kebijakan dan prosedur penagihan
  • Teknik-teknik penagihan (telepon, surat, dan kunjungan)
  • Aspek Hukum
  • Memahami karakter pelanggan
    • Tipe-tipe pelanggan
    • Teknik menghadapi berbagai tipe pelanggan
    • Teknik menghadapi pelanggan nakal
  • Langkah-langkah efektif dalam penagihan dan menghadapi keberatan pelanggan
  • Model pengukuran kinerja

3. Negotiation Skill

  • Dasar Negosiasi
  • Persiapan dan Proses Negosiasi
  • Komunikasi yang efektif

 

PARTICIPANT

Collection/Accounts/Credits Manager, Financial Controller/Chief Accountant, Financial/Business Analyst, Advisors, Credit/Investment Analyst, Operation/Project Managers, Personnel/Administration Manager, Head of Departments

 

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

 

FACILITIES

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Break

Souvenir

Pick Up Participant (Yogyakarta)

 

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Manajemen Piutang dan Strategi Penagihan (Debt Collecting)
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
x