Background logo website
PT MEDIA EDUTAMA INDONESIA
Provider yang Berkarakter, Unggul dan Terpercaya
Management CSR and Implementasi ISO 26000:2010 Guidance on Social Responsibility Home  »  Jakarta Legal, Corporate Law and Responsibility Yogyakarta   »   Management CSR and Implementasi ISO 26000:2010 Guidance on Social Responsibility

Management CSR and Implementasi ISO 26000:2010 Guidance on Social Responsibility

June 28, 2018

Jadwal Pelatihan Management CSR and Implementasi ISO 26000:2010 Guidance on Social Responsibility

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

DESCRIPTION

ISO (International Standards Organization) telah meluncurkan standard pertama di dunia di bidang tanggung jawab sosial pada awal November 2010. Standard ISO 26000:2010 Guidance on Social Responsibility ini menjadi rujukan bagi perusahaan-perusahaan di dalam menjalankan kegiatan bisnisnya secara bertanggung jawab. Standard ini akan menjadi rujukan praktek terbaik di bidang tanggung jawab sosial bagi perusahaan di sektor swasta maupun publik dengan mempertimbangkan aspek sosial, lingkungan, legal, budaya, politik, dan keragaman organisasi termasuk tentunya pertimbangan aspek ekonomis.

ISO 26000 merupakan standard rujukan dari the International Organization for Standardization (ISO) yang secara khusus berfokus pada tanggung jawab sosial. ISO 26000 ini dipersiapkan secara khusus sebagai standard global yang berlaku secara internasional sebagai referensi dan patokan bagi perusahaan-perusahaan yang mempunyai komitmen untuk membentuk masa depan bisnis yang bertanggung jawab. Standard ISO 26000 ini akan menjadi landasan perspektif tentang konsep dan aplikasi dari Social Responsibility (SR), berbagai isu yang perlu dikaji dalam rangka operasionalisasi bisnis yang bertanggung jawab dan berbagai best practices dalam rangka penerapan Standard Social Responsibility ini.

Standard rujukan ISO 26000 bertujuan untuk menyediakan dukungan praktis yang terkait dengan operasionalisasi tanggung jawab sosial, identifikasi dan pelibatan stakeholders dalam program-program komunitas, dan upaya meningkatkan kredibilitas serta citra atas laporan dan klaim dari aktivitas perusahaan yang berorientasi kepada tanggung jawab sosial. Standard rujukan ISO 26000 ini akan menjadi barometer sejauh mana tingkat keterlibatan perusahaan dalam aktivitas tanggung jawab sosial dapat terukur. Dengan mencermati perilaku perusahaan, standard ini akan mengevaluasi sejauhmana perilaku perusahaan memberi kontribusi kepada upaya-upaya pembangunan berkelanjutan, khususnya aspek kesehatan dan kesejahteraan sosial, mempertimbangkan kebutuhan dan ekspektasi dari stakeholders, memenuhi persyaratan legal dan norma internasional lain yang relevan dan terintegrasi serta diimplementasikan di dalam organisasi.

Pelatihan ini dimaksudkan sebagai bagian dari upaya untuk mendukung perusahaan-perusahaan untuk mulai menerapkan standard rujukan ISO 26000 Social Responsibility ini. Pelatihan ini akan menguraikan cakupan dan rasionalitas dari ISO 26000 dan mengantisipasi berbagai isu tanggung jawab pokok yang harus dikelola oleh perusahaan, yang mencakup :

  • Governance
  • Environment
  • Human Rights
  • Labor Practices
  • Fair Operating Practices
  • Consumer Issues
  • Community Involvement
  • Communication

Pada akhirnya, training ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kompetensi dari peserta untuk mengelola dan mengimplementasikan standard rujukan ISO 26000 ini secara efektif dan produktif di dalam organisasinya.

 

BENEFIT

  1. Memahami aplikasi program tanggung jawab sosial yang dijalankan perusahaan dalam konteks standard rujukan ISO 26000.
  2. Memahami konsep, pendekatan, subyek, metoda dan teknik yang diperlukan untuk mengelola program tanggung jawab sosial secara efektif di dalam perusahaan.
  3. Memahami hubungan antara komponen program tanggung jawab sosial berbasis ISO 26000 dengan pemenuhan persyaratan kebutuhan stakeholders yang berbeda-beda.
  4. Mendapatkan keahlian yang dibutuhkan untuk mendukung perusahaan dalam rangka untuk menerapkan, mengelola dan memelihara program tanggung jawab sosial sebagaimana rujukan dari standard ISO 26000
  5. Mendapatkan keahlian yang diperlukan untuk mengelola tim yang bertugas untuk menerapkan praktek ISO 26000.
  6. Mengembangkan pengetahuan dan keahlian yang diperlukan untuk memberikan dukungan kepada perusahaan menyangkut best practices di dalam manajemen tanggung jawab sosial sesuai dengan ISO 26000.
  7. Meningkatkan kapasitas analisis dan pengambilan keputusan dalam konteks tanggung jawab sosial di dalam perusahaan sesuai dengan ISO 26000.

 

COURSE OUTLINE

1. Introduction To The Management of a Social Responsibility Program Based on ISO 26000

  • Kerangka historis, normatif, dan legal yang terkait dengan tanggung jawab sosial dari perusahaan
  • Prinsip-prinsip dasar tanggung jawab sosial perusahaan
  • Presentasi the ISO 26000 clauses dan enam core subjects
  • Analisis awal dan penentuan tingkat maturitas dari program tanggung jawab sosial perusahaan yang sekarang sedang berjalan
  • Menuliskan kasus bisnis dan desain awal dari program tanggung jawab sosial
  • Pengembangan sebuah rencana proyek penerapan program yang sesaui dengan standard ISO 26000

2. Planning a Social Responsibility Program Based on ISO 26000

  • Merancang sebuah kebijakan tanggung jawab sosial
  • Isu HAM dan best practices
  • Isu perburuhan dan best practices
  • Isu lingkungan dan best practices
  • Isu praktek operasional yang fair dan best practices
  • Isu pelanggan dan best practices
  • Isu pembangunan dan keterlibatan komunitas dan best practices

3. Launching and Implementing a Social Responsibility Program Based on ISO 26000 Followed by an Effective Monitoring & Control System

  • Implementasi sebuah dokumen kerangka kerja manajemen tanggung jawab sosial
  • Implementasi rencana aksi tanggung jawab sosial
  • Pengembangan sebuah training dan program sosialisasi yang mengkomunikasikan tanggung jawab sosial
  • Manajemen operasional dari program tanggung jawab sosial
  • Monitoring sebuah program tanggung jawab sosial
  • Pengembangan penilaian dan metriks indikator kinerja bagi program penerapan ISO 26000
  • Implementasi program perbaikan secara berkelanjutan

 

PARTICIPANT

  • Staf Senior, Manager, dan Direksi
  • Manajer Fungsional di bidang Health & Safety, CR, HR, Marketing & Communications
  • Manajer dan Senior Manajer yang berkepentingan dengan ISO 26000
  • Manajer dan Senior Manajer bidang Corporate Governance/Compliance
  • Manajer dan Senior Manajer bidang Quality & Environment, External/Government Relations & Project/Site

 

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

 

FACILITIES

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Break

Souvenir

Pick Up Participant (Yogyakarta)

 

 

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Management CSR and Implementasi ISO 26000:2010 Guidance on Social Responsibility
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
x