Background logo website
PT MEDIA EDUTAMA INDONESIA
Provider yang Berkarakter, Unggul dan Terpercaya
Character Building : To Become Excellent Worker Home  »  Bandung Januari 2024 Personal Development   »   Character Building : To Become Excellent Worker

Character Building : To Become Excellent Worker

January 12, 2024

Jadwal Pelatihan Character Building : To Become Excellent Worker

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

OVERVIEW

Tempat kerja adalah sebuah dunia kecil yang memiliki nilai-nilai, keyakinan, tata kelola, etika, sistem, prosedur, misi, visi dan komitmen untuk mewujudkannya. Dunia kecil ini membutuhkan karakter kerja sesuai dengan nilai-nilai, keyakinan, dan komitmen perusahaan agar dapat melakukan pekerjaan secara profesional. Untuk itu, setiap orang di dalam perusahaan harus menjadi bagian penting dari kehidupan kerja, yang mengembangkan dan memelihara karakter pribadi menjadi selaras dengan karakter kerja perusahaan. Karakter unggul memiliki sifat-sifat, seperti: integritas, akuntabilitas, disiplin, etis, melayani, rendah hati, kemurahan hati, peduli, rasa hormat, tanggung jawab, kolaborasi, cinta, fokus, tekun, teliti, rajin dan belajar untuk memperbaiki kualitas diri sendiri.

Karyawan dan manajer memiliki tanggung jawab profesional berdasarkan nilai-nilai inti (core values) perusahaan. Bila nilai-nilai inti tidak menjadi perilaku, sikap, kebiasaan, dan fondasi tanggung jawab. Maka, karyawan dan manajer akan terperangkap dalam konflik antara benar dan tepat.

Setiap orang di tempat kerja harus menjadikan nilai-nilai inti perusahaan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari karakter kerja, sehingga dapat menjalankan tanggung jawab profesional secara tepat dan benar, tidak menciptakan krisis kepercayaan dan krisis keandalan di tempat kerja.

Pengembangan karakter diperlukan untuk mewujudkan komitmen dari nilai-nilai inti perusahaan. Berbagai situasi dapat diciptakan oleh keadaan, dan memerlukan karakter yang kuat agar dapat bersikap dengan tepat.  Manajer dan karyawan dengan karakter kerja yang sesuai nilai-nilai budaya kerja perusahaan, akan memiliki identitas pribadi dan profesional yang sejalan dengan niat dan tujuan perusahaan.

Pelatihan ini dirancang untuk membangun karakter karyawan dan manajer sesuai dengan nilai-nilai inti perusahaan. Bila karyawan dan manajer sudah mengenali nilai-nilai inti perusahaan, lalu mendorong keberanian profesionalisme di tempat kerja dengan karakter yang kuat. Maka, mereka akan menjadi pribadi-pribadi yang andal dan unggul, yang selalu bekerja dengan tepat, membela apa yang mereka percaya, selalu bersatupadu dengan energi positif perusahaan, sehingga tidak memiliki ruang untuk bertentangan dengan nilai-nilai dan budaya kerja perusahaan. Di setiap sesi pelatihan dipaparkan cara membentuk karakter secara sistematis, untuk mewujudkan diri sejati yang sempurna dengan nilai-nilai inti dan keyakinan perusahaan. Pelatihan ini dirancang dengan contoh dan studi kasus.

 

BENEFIT

  1. Menggali nilai-nilai inti dan keyakinan perusahaan sebagai dasar pembentukan karakter.
  2. Memfokuskan peserta untuk menyatukan jiwa dan energi dirinya pada nilai-nilai inti, prinsip-prinsip, komitmen dan keyakinan perusahaan.
  3. Menjadikan peserta terlatih dalam paktis bersama nilai-nilai karakter positif, seni mengelola nilai-nilai menjadi kata-kata dan bahasa yang positif, serta memiliki intuisi dan kemampuan, untuk menggunakan nilai-nilai positif sebagai energi yang memperkaya karakter diri.
  4. Menjadikan peserta sadar tentang, siapa aku? Siapa kita? Siapa perusahaan?
  5. Menyesuaikan karakter pribadi dengan kepribadian perusahaan, sehingga dapat melayani perusahaan dengan etos yang unggul.

 

OUTLINE MATERI

1. Core Values Sebagai Karakter dan Perilaku Utama Insan Perusahaan

  • Karakter terbentuk dari nilai-nilai, keyakinan, kebiasaan
  • Karakter terlihat dari sifat, sikap, perilaku, emosi dan mindset
  • Core values perusahaan sebagai benih karakter
  • Karakter yang bekerja untuk komitmen perusahaan
  • Karakter yang bekerja untuk visi dan misi perusahaan

2. Pengembangan Karakter Pribadi dan Karakter Sosial ke Dalam Diri Sejati

  • Konsep diri, harga diri, jati diri
  • Karakter Pribadi: jujur, baik, benar, respek, tanggung jawab, adil, melayani, rendah hati, percaya, integritas, akuntabilitas, disiplin diri, manajemen diri, keberanian, menjadi warga perusahaan yang andal
  • Karakter Sosial : ramah tamah, kebajikan, peduli, pengasih, sopan, terpercaya, bekerja sama, kolaborasi, komunikasi, hubungan antar pribadi

3. Mengembangkan Karakter Moral untuk Menguatkan Perilaku Etis di Tempat Kerja

  • Karakter moral sebagai fondasi perilaku etis
  • Sifat moral dan etika dalam karakter
  • Mengekspresikan karakter moral
  • Hati nurani memproses perilaku dan cara berpikir
  • Mengambil kontrol untuk mengelola nilai, hati nurani, dan moral
  • Membebaskan diri dari perangkap nilai-nilai negatif
  • Perilaku moral individu dalam hubungan interpersonal
  • Mengenali dan identifikasi perilaku tidak etis
  • Mencegah perilaku tidak etis

4. Penguatan Karakter dari Berbagai Dimensi Diri

  • Menyiapkan karakter fisik
  • Karakter dialog (bahasa dan kata-kata)
  • Karakter tindakan dan perilaku
  • Karakter batin (hati nurani)
  • Karakter emosi/perasaan
  • Karakter reaksi
  • Karakter pikiran
  • Afirmasi untuk menguatkan karakter

 

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

 

FACILITY

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Break

Souvenir

Pick Up Participant (Yogyakarta)

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Character Building : To Become Excellent Worker
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
x