Background logo website
PT MEDIA EDUTAMA INDONESIA
Provider yang Berkarakter, Unggul dan Terpercaya
Analisa Pinjaman dan Strategi Menghadapi Kredit Bermasalah Home  »  Credit and Collection Februari 2020 Perbankan & Koperasi Semarang   »   Analisa Pinjaman dan Strategi Menghadapi Kredit Bermasalah

Analisa Pinjaman dan Strategi Menghadapi Kredit Bermasalah

January 6, 2020

Jadwal Pelatihan Analisa Pinjaman dan Strategi Menghadapi Kredit Bermasalah

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

DESCRIPTION

Kelalaian, tunggakan bahkan kemacetan pembayaran angsuran pinjaman dalam kegiatan kredit mikro bukan semata-mata disebabkan oleh peminjam. Tetapi hal tersebut diakibatkan oleh karena kesalahan pemberi pinjaman. Dimana unsur manajemen kurang memperhatikan titik-titik kritis yang bisa memunculkan peluang untuk menjadikan pinjaman bermasalah. Hal ini disebabkan karena tidak dilakukan analisa secara cermat yang selanjutnya menimbulkan sikap yang kurang obyektif dalam pengambilan keputusan.

Dalam kegiatan analisa pinjaman tidak hanya dibebankan kepada Petugas Lapangan saja, tetapi seluruh unsur dalam manajemen harus terlibat dalam melakukan analisa terhadap permohonan pinjaman sesuai dengan peran dan fungsi masing-masing bagian. Namun seringkali prinsip kehati-hatian disatu sisi seringkali menghambat prinsip-prinsip utama program keuangan mikro, di mana layanan yang diberikan harus cepat agar perputaran uang dapat berjalan. Pada akhirnya lembaga dapat mengalami perkembangan yang semestinya.

Tugas pokok perbankan yang utama adalah memberikan kredit atau penyaluran dana kepada nasabah di berbagai sektor ekonomi. Pemberian kredit yang dilakukan lembaga keuangan baik bank-bank umum, bank syari’ah, bank perkreditan rakyak, maupun lembaga keuangan non bank dan koperasi, meskipun dilakukan secara hati-hati dan teliti adakalanya masih saja ditemukan hambatan dalam penyelesaian kreditnya atau dengan kata lain terjadi kredit macet. Dalam Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 26/4/BPPP Tanggal 29 Mei 1993 mengatur masalah penanganan secara maksimal terhadap kredit bermasalah, hal itu untuk mengurangi risiko yang timbul dari pemberian kredit atau pembiayaan.

 

OBJECTIVES

  • Mendukung terwujudnya keamanan terhadap pinjaman
  • Memperjelas alur proses pelayanan pinjaman
  • Memperjelas peran, fungsi, tugas, dan tanggung jawab masing-masing bagian dalam struktur organisasi dan manajemen program kredit mikro
  • Mengurangi risiko pinjaman akibat kesalahan dalam pengambilan keputusan pinjaman

 

COURSE OUTLINE

1. Dasar-dasar Perkreditan

2. Prosedur dan Mekanisme Pelayanan Kredit

3. Perencanaan Kredit dan Analisis Pasar, serta Skema Pinjaman

4. Konsep dan Evaluasi Program Kemitraan dan Bina Lingkungan

5. Dasar-dasar Analisa Pinjaman

6. Administrasi Pelayanan Pinjaman

7. Analisa Pinjaman Berdasarkan Kelayakan Usaha

8. Prosedur dan Segala Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pemberian Kredit

9. Kebijakan dalam Rangka Penyelamatan dan Penyelesaian Kredit Bermasalah (Menurut SE Bank Indonesia No.26/4/BPPP Tanggal 29 Mei 1993)

10. Upaya Penyelamatan dan Penyelesaian Kredit Macet dalam Ketentuan Pasal 7 Butir C Undang-undang Nomor 10 Tahun 1998

11. Sebab-sebab Kredit Bermasalah

12. Strategi dan Prinsip Pemberian Kredit untuk Mengurangi Terjadinya Kredit Bermasalah

13. Taktik dan Strategi Penyelesaian Kredit Bermasalah

  • Melalui Jalur Non Litigasi
  • Melalui Pengadilan
  • Melalui Penjualan Saham

14. Hambatan-hambatan Penyelesaian Kredit Bermasalah

15. Prosedur dan Tatacara Eksekusi Jaminan Kredit Bermasalah

16. Eksistensi Pengadilan Niaga Dalam Penyelesaian Kredit Bermasalah

17. Langkah-langkah Penanggulangan Kredit Bermasalah (Recruitment SDM, Berpegang pada Kebijaksanaan Kredit, Sistem Pengambilan Keputusan dalam Pemberian Kredit)

18. Studi Kasus

 

TRAINING METHOD

Pre test

Presentation

Discussion

Case Study

Post test

Evaluation

 

FACILITIES

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Break

Souvenir

Pick Up Participant (Yogyakarta)

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Analisa Pinjaman dan Strategi Menghadapi Kredit Bermasalah
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
x