Background logo website
PT MEDIA EDUTAMA INDONESIA
Provider yang Berkarakter, Unggul dan Terpercaya
Electronik Filing and Document Management System Home  »  Information and Technology Jakarta Managerial & Soft skills Office Management & Secretary   »   Electronik Filing and Document Management System

Electronik Filing and Document Management System

August 1, 2016

Jadwal Pelatihan Electronik Filing and Document Management System

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

DESCRIPTIONS

  • Apakah konvensional filing yang ada di perusahaan Anda sudah optimal?
  • Apakah perusahaan Anda sudah membuat electronic filing yang efisien, dalam mengelola arsip dan dokumen yang ada?
  • Apakah filing system yang diterapkan dalam perusahaan Anda sudah optimal, mudah ditemukan yang berkepentingan jika sewaktu-waktu diperlukan?
  • Bagaimana mengorganisasikan semua arsip dan dokumen agar efektif, efisien, optimal dan dapat diakses dengan cepat dari mana saja, oleh siapa saja dan kapan saja?

Dokumen & arsip fisik yang telah ada saat ini, hanyalah sebagian kecil dari khazanah pengetahuan yang dimiliki perusahaan. Setelah suatu dokumen dianggap final, kita & para pengguna dokumen perlu mengetahui dokumen apa saja yang dianggap vital, penting & berguna. eFiling memudahkan proses review & edit dari beragam dokumen, serta memberikan Business Intelligence Information yang tidak hanya tepat, tetapi juga mudah dimengerti & ditindak-lanjuti.

Beberapa manfaat langsung eFiling:

  • Mengurangi penggunaan formulir kertas & memastikan kelengkapan pengisian checklist & workflow.
  • Mempermudah akses ke khazanah (central file) untuk menampilkan mockup, draft, process flowcharts, sketch, memo voice & video, arsip, rekaman, pengetahuan tertulis, Quality Manual, Standard Operating Procedures, Work Instruction.
  • Mempermudah kerjasama (kolaborasi) antar pengguna yang tersebar di berbagai lokasi (pekerja kantor, lapangan, site dlsb) untuk mengubah & memperbaharui kurikulum, modul, bahan bacaan, kuis & ujian secara on-line.
  • Mempermudah pengorganisasian pekerjaan individu maupun kelompok (memantau jadwal, target & hasil, baik di dalam kantor maupun di luar kantor; mengikuti rapat online; menyelesaikan to-do, mengorganisir notes & koleksi multimedia, memberikan tugas maupun menetapkan reminders, di mana saja, kapan saja).

 

OBJECTIVES

  • Terampil menyusun serta mensosialisasikan kebijakan kearsipan elektronik (eFiling).
  • Terampil menyusun prosedur pembuatan, review, edit, publikasi dokumen elektronik.
  • Terampil menyusun kebijakan penyimpanan, pengkodean, indeks & lokasi arsip elektronik serta menjelaskan dengan gambling kepada karyawan, terutama kepada para profesional (insinyur, dll), sehingga mereka dapat menerima penjelasan (sosialisasi) secara bijaksana.
  • Terampil menjabarkan hasil audit eFiling & menyusun langkah tindak lanjutnya.
  • Paham tujuan, lingkup, tanggung jawab, aktifitas, proses & kompetensi yang harus dimiliki pengelola arsip profesional, baik arsip fisik maupun elektronik.
  • Paham suka duka mengelola dokumen & arsip.

 

COURSE OUTLINE

Paradigma & Filosofi Electronic Filing & Document Management System

  • Memahami perkembangan sistem arsip konvensional & elektronik.
  • Membahas perbedaan antara karakteristik bisnis & implikasi terhadap sistem arsip elektronik: pemilihan database, keamanan (security level), GIS (Geo-tagging) & Fraud Prevention.
  • Membahas permasalahan teknis dalam eFDM: metode, tata waktu, tata administrasi.
  • Membahas aspek hukum & legal eFiling.
  • VIDEO: Microsoft Future Technology, Database Choices, Distributed Architecture & Security.
  • SHARING & DISKUSI KELOMPOK.

Sharing & Studi Kasus Mengenai Beragam Contoh Implementasi eFDM Di Sejumlah Sektor/Industri

  • Membahas tren kebutuhan baru: akses via handheld & tablet.
  • Membahas beragam contoh implementasi eFDM di sejumlah sektor/industri antara lain:
    • Kebutuhan akses dari sejumlah lokasi secara sekaligus.
    • Kebutuhan memudahkan pembiasaan melalui aplikasi office/word.
    • Kebutuhan menyimpan data gambar teknis.
    • Kebutuhan kemudahan mengakses dokumen elektronik yang sudah terlebih dahulu ada.
    • Kebutuhan mengakses & mengarsip email.
  • VIDEO: Web, Word & AutoCAD Intergration, Import Existing Files, eMail Indexing.
  • STUDI KASUS: membahas contoh di perbankan, keuangan, asuransi, manufaktur & kedokteran.

Langkah Implementasi 1: Pembenahan Arsip Fisik

  • Memahami kategori & klasifikasi dokumen.
  • Memahami indeks & kode arsip.
  • Memahami hak akses (public & non-public), map of location & PiC.
  • Membahas peluang implementasi Barcoding, RFID & GIS dalam sistem arsip fisik.
  • Membahas penyusutan dokumen secara bertahap.
  • TIPS & TRICKS: membahas pemakaian filing cabinet dengan baik & benar.
  • TIPS & TRICKS: membahas indeks, klasifikasi, kode & PiC, lokasi & akses.
  • TIPS & TRICKS: membahas contoh produk penyimpanan (compacto & pronto).
  • TIPS & TRICKS: membahas contoh produk penyusutan arsip (ideal).

Langkah Implementasi 2: Migrasi Ke Efiling

  • Memahami alat bantu Self-Audit & 5S/5R Patrol: Daftar Induk Dokumen, Daftar Tipe Dokumen, Daftar PiC, Daftar Lokasi Penyimpanan.
  • Membahas implementasi elektronik dari indeks, klasifikasi, kode & PiC, lokasi & akses.
  • VIDEO: Attribute linking, Reference File Management, Sending Links Not Documents, Version Control.
  • SIMULASI: membahas kasus implementasi eFDM secara step-by-step.
  • SIMULASI: menerapkan prinsip sistem arsip elektronik dengan Excel, eFiling & DMS.
  • TIPS & TRICKS: menggunakan Self-Audit & 5S/5R Patrol: Daftar Induk Dokumen, Daftar Tipe Dokumen, Daftar PiC, Daftar Lokasi Penyimpanan.
  • TIPS & TRICKS: membahas produk konversi: high-speed scanner (DR), kamera, handycam.

Quick Win 1

  • Membahas konsep pencarian menurut keyword & metadata.
  • Meningkatkan komunikasi & membangun trust dengan peningkatan interaksi antar user & lintas komunitas.
  • VIDEO: Content Searching, Knowledge Groups, eTransmittals, GoogleDocs, Google Calendar.
  • TIPS & TRICKS: membahas teknik Social Media untuk meningkatkan interaksi.

Quick Win 2

  • Memahami sistem otentikasi: konvensional, watermark, digital signature.
  • Membahas kemudahan pengecekan serta ketelitian tinggi dalam modul Optical Character Recoqnition untuk mendeteksi perubahan & pemalsuan.
  • Membahas penyelarasan proses kerja dengan worklow & sistem otorisasi elektronik
  • VIDEO: Project Wizard, Workflow, RImage (Replicator, Duplicator, Protector).
  • TIPS & TRICKS: menjaring informasi dengan on-line survey.

Fraud Prevention & Risk Management

  • Membahas konsep dasar manajemen resiko.
  • Membahas keterkaitan dengan sistem manajemen resiko & permasalahan dalam sistem arsip konvensional.
  • Membahas integrasi dengan sistem informasi publik: catatan sipil, daftar debitur, otoritas pajak, public records.
  • SHARING & DISKUSI KELOMPOK.
  • SIMULASI: menggunakan Open Source Software (OSS) sebagai modul kolaborasi (video conferencing) dalam eFDM.
  • SIMULASI: menggunakan Open Source Software (OSS) sebagai modul manajemen identitas (single signage) dalam eFDM.

Disaster Recovery & Business Continuity

  • Memahami sistem kontinuitas bisnis: konvensional, remote site, cloud.
  • Membahas berbagai hal yang harus dipersiapkan sebelum implementasi dan/atau perubahan sistem arsip.
  • Membahas rencana implementasi sistem arsip baru (perubahan sistem) untuk memperbaiki security & ease-of-use.
  • SHARING & DISKUSI KELOMPOK.
  • SIMULASI: menggunakan Open Source Software (OSS) sebagai modul manajemen proyek (redmine), pengetahuan (wiki) & live feed (RSS, Snaplogic) dalam eFDM.

 

PARTICIPANTS

IT, Sekretaris, Pimpinan Proyek, Office Manager, Office Administration.

 

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

 

FACILITIES

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch

2 X Coffee Break

Souvenir

Pick Up Participants

 TRAINING FEE

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Electronik Filing and Document Management System
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
x