Background logo website
PT MEDIA EDUTAMA INDONESIA
Provider yang Berkarakter, Unggul dan Terpercaya
Email & Business Correspondence Etiquette for Professionals Home  »  Bali Document Control & Filing System Juni 2025 Office Management & Secretary   »   Email & Business Correspondence Etiquette for Professionals

Email & Business Correspondence Etiquette for Professionals

May 31, 2025

Jadwal Pelatihan Email & Business Correspondence Etiquette for Professionals

TanggalTempatKota
19 - 20 Juni 2025-Bali

DESKRIPSI

Pelatihan ini bertujuan meningkatkan keterampilan peserta dalam membuat email dan surat bisnis dalam bahasa Inggris secara profesional, efektif, dan sopan, sesuai dengan standar komunikasi korporat dan etika bisnis internasional. Pelatihan mencakup teori, praktik langsung, dan studi kasus nyata di lingkungan kerja.

 

TUJUAN

Peserta akan:

  • Memahami struktur dan etika email/surat bisnis dalam bahasa Inggris.
  • Membedakan gaya penulisan formal dan semi-formal.
  • Mampu menulis email dan surat bisnis untuk berbagai keperluan kerja.
  • Menghindari kesalahan umum dalam komunikasi tertulis profesional.
  • Siap berkomunikasi lintas budaya dan hierarki dengan lebih percaya diri.

 

OUTPUT PELATIHAN

  • Mampu menyusun email bisnis formal, sopan, dan efektif.
  • Mampu membuat surat resmi dalam bahasa Inggris (permintaan, undangan, balasan, dll.).
  • Menyesuaikan gaya bahasa dengan audiens (atasan, rekan, klien luar).
  • Meningkatkan reputasi profesional melalui komunikasi tertulis.

 

MATERI

1. Email Communication Essentials

  • Fungsi email dalam lingkungan kerja
  • Struktur umum email profesional (subject, greeting, body, closing)
  • Ciri email yang efektif dan sopan

2. Email Language & Tone

  • Bahasa formal vs informal
  • Etika penggunaan kata, singkatan, caps lock, emoji
  • Contoh kalimat sopan dalam permintaan atau konfirmasi

3. Email Etiquette for Internal & External Communication

  • CC, BCC, reply vs reply all
  • Etika menanggapi email atasan atau klien

4. Time response & handling sensitive email

  • Menulis Email Profesional
  • Simulasi: membuat email permintaan, konfirmasi, undangan

5. Business Letter Structure

  • Format surat resmi (heading, salutation, body, closing)
  • Tujuan: permohonan, konfirmasi, balasan, komplain

6. Types of Business Correspondence

  • Letters of request, apology, offer, inquiry
  • Format email vs surat bisnis konvensional

7. Cross-Cultural & Interdepartmental Communication

  • Menulis untuk pembaca asing / atasan luar negeri
  • Bahasa diplomatis dalam situasi sulit (komplain, klarifikasi)

8. Writing Clinic & Case Study Review

 

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

 

FACILITY

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Break

Souvenir

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Email & Business Correspondence Etiquette for Professionals
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
x