Background logo website
PT MEDIA EDUTAMA INDONESIA
Provider yang Berkarakter, Unggul dan Terpercaya
Dasar-Dasar Perencanaan Bisnis Home  »  Business Management Januari 2025 Strategi Perusahaan Yogyakarta   »   Dasar-Dasar Perencanaan Bisnis

Dasar-Dasar Perencanaan Bisnis

December 17, 2024

Jadwal Pelatihan Dasar-Dasar Perencanaan Bisnis

TanggalTempatKota
08 - 10 Januari 2025-Yogyakarta

DESKRIPSI

Pelatihan Dasar-Dasar Perencanaan Strategis dirancang untuk membantu peserta memahami konsep, alat, dan teknik yang digunakan dalam proses perencanaan strategis. Peserta akan diajarkan bagaimana menganalisis lingkungan internal dan eksternal organisasi, merumuskan visi dan misi yang relevan, serta mengembangkan tujuan strategis yang terukur. Pelatihan ini cocok untuk individu yang baru terlibat dalam proses perencanaan strategis atau yang ingin memperkuat dasar-dasar mereka dalam bidang ini.

 

TUJUAN PELATIHAN

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu:

  1. Memahami konsep dasar perencanaan strategis.
  2. Menganalisis lingkungan internal dan eksternal organisasi menggunakan kerangka kerja seperti SWOT, PESTEL, dan Analisis Kompetitif.
  3. Merumuskan visi, misi, dan nilai organisasi yang relevan.
  4. Mengidentifikasi dan merancang tujuan strategis serta indikator kinerja utama (Key Performance Indicators/KPI).
  5. Menyusun rencana strategis sederhana dengan langkah-langkah yang terstruktur.

 

MATERI 

1. Pengantar Perencanaan Strategis

  • Apa itu perencanaan strategis?
  • Pentingnya perencanaan strategis dalam organisasi.
  • Proses dasar perencanaan strategis.

2. Analisis Lingkungan Strategis

  • Pengantar Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats).
  • Analisis PESTEL (Political, Economic, Social, Technological, Environmental, Legal).
  • Studi kasus: Identifikasi peluang dan ancaman eksternal.

3. Merumuskan Visi, Misi, dan Nilai

  • Definisi visi, misi, dan nilai organisasi.
  • Kriteria visi dan misi yang efektif.
  • Latihan: Membuat visi dan misi organisasi yang relevan.

4. Menentukan Tujuan Strategis

  • Prinsip SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time-bound).
  • Penyusunan tujuan strategis.
  • Identifikasi Key Performance Indicators (KPI).

5. Penyusunan Rencana Strategis

  • Menyusun rencana aksi berdasarkan analisis strategis.
  • Prioritas strategi dan alokasi sumber daya.
  • Studi kasus: Menyusun rencana strategis sederhana.

6. Evaluasi dan Monitoring Strategi

  • Proses pemantauan dan evaluasi implementasi strategi.
  • Penyesuaian strategi berdasarkan hasil evaluasi.
  • Pengelolaan Risiko

 

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

 

FACILITY

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Break

Souvenir

Pick Up Participant (Yogyakarta only)

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Dasar-Dasar Perencanaan Bisnis
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
x