Background logo website
PT MEDIA EDUTAMA INDONESIA
Provider yang Berkarakter, Unggul dan Terpercaya
ISO 26000 – CSR Guidance and Social Mapping Home  »  CSR ISO & Standardization Legal, Corporate Law and Responsibility Yogyakarta   »   ISO 26000 – CSR Guidance and Social Mapping

ISO 26000 – CSR Guidance and Social Mapping

September 27, 2023

Jadwal Pelatihan ISO 26000 – CSR Guidance and Social Mapping

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

OVERVIEW

Di era ini, perusahaan tidak bisa lepas dari 3 pilar pembangunan berkelanjutan yaitu: secara ekonomi menguntungkan (profit), ramah lingkungan (planet) dan pengembangan masyarakat (people) yang menjamin keberlanjutan perusahaan. Kontribusi pada masyarakat dilakukan perusahaan melalui pengembangan masyarakat (Community Development) atau tanggung jawab sosial dan lingkungan (Corporate Social Responsibility) dengan melibatkan masyarakat dan pemangku kepentingan.

Tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan disamping diatur oleh pemerintah melalui regulasi dan juga menjadi komitmen global, salah satunya SDG (Sustainability Development Goals). Manfaat yang diperoleh perusahaan dalam melakukan CSR adalah meningkatnya citra dan reputasi perusahaan. Hal ini bisa diperoleh bila CSR yang dilakukan perusahaan didasarkan pada kebutuhan masyarakat, dilakukan secara berkesinambungan dan berorientasi pada pemberdayaan masyarakat mandiri.

Sedemikian penting CSR bagi perusahaan, pemangku kepentingan dan masyarakat maka perusahaan harus menempatkan orang-orang CSR (yang dikenal dengan CSR/CD Officer) yang tepat dalam mengelola dan menjalankan Program CSR. Salah satu panduan yang dapat digunakan adalah ISO 26000:2010. Disamping itu PROPER dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan panduan Social Mapping untuk mengidentifikasi kebutuhan masyarakat dan menyusun rencana strategis dan program (PDCA) CSR perusahaan. CSR/CD Officer perusahaan harus memahami dan menjalankan siklus dan manajemen PDCA CSR yang sejalan dengan misi, visi dan sumber daya yang dimiliki. Disamping itu berbagai keterampilan praktis sangat diperlukan dalam menjalankan CSR sehingga mampu merepresentasikan perusahaan di tengah-tengah masyarakat dan pemangku kepentingan.

 

MANFAAT

  • Memahami dan mengimplementasikan ISO 26000:2010
  • Memahami dan mengimplementasikan kebijakan-kebijakan CSR dan Community Development
  • Mampu melakukan monitoring dan evaluasi Program CSR dan Community Development

 

OUTLINE MATERI

  1. CSR Perusahaan Sebagai 3 Pilar Pembangunan Berkelanjutan
  2. ISO 26000: Panduan CSR Perusahaan
  3. Ciri dan Karakter CSR/CD Officer
  4. Tanggung Jawab dan Peran CSR Perusahaan
  5. PDCA dalam Pelaksanaan Program CSR
  6. Dokumen Social Mapping
  7. Tujuan dan Output Social Mapping
  8. Informan dan Pengumpulan Data/Informasi
  9. Stakeholders: Identifikasi, Permasalahan dan Harapannya
  10. Masalah Sosial dan Kelompok Rentan
  11. PRA (Participatory Rural Appraisal)
  12. Focus Group Discussion (FGD)
  13. Rencana Strategi dan Penyusunan Program CSR
  14. Sistematika Laporan Social Mapping
  15. Workshop Penyusunan Program CSR

 

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

 

FACILITY

Handout Materi

Meeting room

2x Coffee Break & Lunch

Training Kit

Certificate

Penjemputan (Yogyakarta only)

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : ISO 26000 – CSR Guidance and Social Mapping
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
x