Background logo website
PT MEDIA EDUTAMA INDONESIA
Provider yang Berkarakter, Unggul dan Terpercaya
Training Online – Analisa First Way Out Dalam Pengambilan Keputusan Kredit Home  »  Credit and Collection Perbankan & Koperasi Training Online   »   Training Online – Analisa First Way Out Dalam Pengambilan Keputusan Kredit

Training Online – Analisa First Way Out Dalam Pengambilan Keputusan Kredit

March 21, 2023

Jadwal Pelatihan Training Online – Analisa First Way Out Dalam Pengambilan Keputusan Kredit

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

DESKRIPSI

Sebagai lembaga intermediasi, pendapatan utama bank pada umumnya diperoleh dari kredit/ pinjaman yang diberikan. Semakin besar dan tingginya jumlah kredit yang disalurkan diharapkan semakin besar pendapatan bunga yang akan diperoleh. Namun demikian pendapatan bunga tersebut baru dapat diandalkan jika kualitas kredit yang disalurkan baik. Apabila yang terjadi sebaliknya kualitas kredit buruk dan jumlah kredit bermasalah tinggi, akan memberikan beban biaya yang tinggi dan memburuknya likuditas bank. Guna menjamin kualitas kredit yang baik dan minimalisasi resiko kredit diperlukan strategi jitu dalam pengelolaan kreditnya, yang antara lain meliputi kebijakan & prosedur kredit yang prudent, pilihan segmen pasar yang tepat, proses evaluasi dan analisis yang tepat serta administrasi kredit yang baik. Potensi pasar yang besar di segmen Kredit Kecil dan Menengah (Plafon Rp 1 s/d 50 Milyar) merupakan lahan yang menggiurkan bagi perbankan untuk memasuki segmen ini. Pemahaman mendalam mengenai karakteristik bisnis, penentuan target market yang tepat, inisiasi kredit dengan teknik‐teknik investigasi, verifikasi dan checkings yang efektif, evaluasi dan analisa kredit yang akurat dan prudent, serta mitigasi resiko kredit yang tepat diharapkan akan menjamin kualitas kredit yang baik. Pelatihan ini di desain guna memberikan pemahaman mendalam tentang teknik‐teknik analisa kredit di segmen Usaha Kecil dan menengah untuk bank umum, serta yang juga tak kalah penting adalah bagaimana melakukan account management, supervisi dan monitoring terhadap portfolio kredit yang sudah dibukukan.

 

TUJUAN PELATIHAN

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan mampu :

  • Memahami filosofi dan prinsip‐prinsip utama kredit segmen Usaha Kecil dan Menengah.
  • Memberikan pemahaman mengenai unsur‐unsur utama yang perlu diperhatikan dalam pemberian kredit, serta dasar‐dasar regulasi dalam pemberian kredit, resiko beserta cara mitigasinya.
  • Memahami ‘normal credit process’ serta azas kehati‐hatian dalam pemberian kredit serta pentingnya Target Market yang jelas.
  • Memberikan teknik‐teknik fundamental dalam melakukan analisa kredit, seperti penentuan target market, teknik‐teknik survei, verifikasi, checkings dan investigasi yang produktif.
  • Memberikan pemahaman mengenai teknik‐teknik analisa kualtitatif dan kuantitatif (keuangan) seperti analisa keuangan, analisa kebutuhan modal kerja, serta analisa cashflow calon debitur, serta aspek legal dan jaminan kredit.
  • Pemahaman mengenai pentingnya account management dan supervisi dan monitoring kredit.
  • Pembahasan dan diskusi mengenai “lesson learned” atas kasus‐kasus yang sering terjadi di bidang perkreditan di bank yang menyalurkan kredit

 

OUTLINE MATERI

  1. Overview Commercial Credit (Market, Filosofi & Prinsip Utama)
  2. Normal Credit Process
  3. Penentuan Target Market dan Portolio Management
  4. Credit Initiation – Teknik‐teknik Wawancara
  5. Investigasi
  6. Credit Initiation
  7. Teknik Survey
  8. Verifikasi dan Checking
  9. Analisa Kualitatif
  10. Analisa Character Calon Debitur
  11. Analisa Kualitatif
  12. Industri dan Manajemen
  13. Analisa Keuangan
  14. Analisa Kuantitatif
  15. Analisa Keuangan
  16. Analisa Kebutuhan Modal Kerja & Cashflow
Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Training Online – Analisa First Way Out Dalam Pengambilan Keputusan Kredit
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
x